UDINUS MENJADI 10 PERGURUAN TINGGI TERBAIK DI BIDANG COMPUTER SCIENCE SE-INDONESIA


Prestasi kembali diukir oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dengan masuk menjadi 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada bidang Computer Science versi Scimago Institutions Rankings (SIR) tahun 2021. Dalam pemeringkatan tersebut Udinus menduduki peringkat 10 secara nasional dan menjadi jawara pada skala regional Jawa Tengah.

 

SIR merupakan lembaga pengklasifikasi penelitian institusi (institusi akademis dan institusi penelitian) yang memberikan peringkat berdasarkan tiga indikator berbeda.

SIR dikelola oleh Scimago Lab yang merupakan perusahaan berbasis teknologi yang menawarkan solusi inovasi untuk meningkatkan pengetahuan visibilitas dan reputasi online. Selain SIR, Scimago Lab juga mengeluarkan pemeringkatan berbagai bidang di tingkat global.

 

Rektor Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko, M.Kom pencapaian yang dicapai oleh Udinus di bidang Computer Science versi SIR menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Menurutnya, Udinus terus produktif dalam mengembangkan berbagai inovasi yang mampu membantu masyarakat serta terus meningkatkan jumlah penelitian dosen.

“Kami akan terus meningkatkan kualitas dari Udinus dan menciptakan terobosan-terobosan yang berguna bagi masyarakat. Inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat juga terus diciptakan seperti robot egamelan, robot disinfektan dan sebagainya,” imbuhnya.

 

Prof. Edi mengungkapkan pihaknya tak berpuas diri dengan capaian yang diraih kali ini, namun hal itu menjadi tantangan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Pihaknya juga akan terus meningkatkan jumlah paper yang diterbitkan dan mampu menjadi sebuah inovasi yang berguna. 

“Luaran terkait publikasi, penelitian, dan produk inovatif yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa Udinus, akan tetap terus ditingkatkan. Penambahan divisi baru yakni Center Of Excellent (COE) di bidang inovasi di Udinus menjadi senjata untuk merealisasikan hal itu,”tambahnya.

 

Penilaian ketiga aspek yang dilakukan oleh Scimago Institutions Rankings (SIR) tahun 2021 memiliki bobot yang berbeda-beda. Dimana riset memegang persentase paling tinggi yakni 50 persen, sisanya adalah inovasi 30 persen dan dampak sosial 20 persen.Sementara itu, Dalam pemeringkatan secara global versi Scimago Institutions Rankings 2021, Udinus masuk dalam 50 besar perguruan tinggi terbaik. Secara regional di Jawa Tengah, Udinus menjadi PTS nomor 1 di bidang computer science  versi SIR 2021. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)

 

Last Update : 25 September 2021