UDINUS DAN DINUSTEK SIAP KEMBANGKAN SMART CITY DI KOTA KEDIRI


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dan PT. Dian Nuswantoro Teknologi dan Informasi (Dinustek) akan kembangkan smart city di Kota Kediri. Pengembangan tersebut telah dibicarakan secara intensif melalui pertemuan antara Udinus, Dinustek dan Pemerintah Kota Kediri.

 

Pertemuan yang diselenggarakan di ruang rapat gedung H-1 Udinus dihadiri oleh Pemkot Kediri yang diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Kediri, Edi Darmasto, SE, Ak, Ca, dan Kepala Dinas Kominfo Pemkot Kediri, Drs. Apip Permana, MM. Selain itu, Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkot Kediri, Herwin Zakiyah, S.T, M.Eng dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Zakhrie Ahmad, S.Sos, MM pun turut hadir dalam pertemuan tersebut.

 

Sementara itu, dari pihak Udinus diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom, Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus, Dr. Guruh Fajar Shidik, S.Kom, M.Cs dan Kepala Penjaminan Mutu Udinus, Dr. Drs. Abdul Syukur, MM. Sedangkan, Dinustek diwakili oleh Direktur Utama, Mohammad Shidik S.Si,M.Kom. 

 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang, Dr Bambang Pramusinto, SH, S.IP, M.SI  juga turut membagikan perkembangan smart city  di Kota yang memiliki julukan Kota Lumpia. Hal itu dilakukan sebagai referensi kepada jajaran Pemkot Kediri dalam penerapan upayanya menerapkan smart city yang baik.  

 

Pertemuan yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut, membahas mengenai berbagai hal terkait penerapan smart city di Kota Kediri. Mulai dari persiapan hingga berbagai hal yang dibutuhkan dalam penerapan smart city. Smart city dalam bahasa Indonesia Kota pintar merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari. Hal itu bertujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

 

Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T,M.Kom menjelaskan Udinus akan selalu berperan dalam membangun negara satu diantaranya membangun smart city di Kota Kediri. Ungkapnya, Udinus telah berkontribusi dan berhasil mengembangkan Kota Semarang dalam membangun smart city sejauh ini.

“Kami siap untuk membantu dan berkontribusi di Kota Kediri dalam membangun smart city agar semakin bagus,” tegas Wakil Rektor IV Udinus.

 

Dalam wawancaranya selepas pertemuan tersebut,Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Kediri, Edi Darmasto,SE,Ak,Ca berharap dengan adanya pertemuan antara berbagai pihak dua diantaranya Pemkot Semarang dan Udinus, dapat menjadi langkah nyata untuk memajukan smart city di Kota Kediri. Hingga saat ini perkembangan smart city di Kota Kediri akan terus ditingkatkan. Saat ini nilai smart city di Kota Kediri berada di angka 2,87.

 

“Kami terus berupaya mencari dukungan dari berbagai pihak untuk menuju target smart city di Kota Kediri sesuai yang diharapkan.Kami melihat bahwa Udinus yang sudah berhasil mengembangkan smart city di Kota Semarang dan harapan kami dapat juga mengembangkan smart city di Kediri,” harapnya.

 

Sejak tahun 2020, Udinus juga telah membuka Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kota Kediri yang berada di Jl. Balowerti II No.25-27. Program studi unggulan yang ada di Udinus Kediri yakni S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Manajemen. Program studi tersebut diharapkan dapat memajukan pendidikan di Kota Kediri. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 

Last Update : 13 Juni 2021