DINUS APPLICATION COMPETITION 2021 MENJADI WADAH PELAJAR INDONESIA BERINOVASI


Dinus Application Competition (Dinacom) 2021 sukses digelar dengan memunculkan juara-jaura baru dari berbagai kota di Indonesia. Ajang yang diinisiasi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi wadah pelajar dan mahapelajar di Indonesia untuk berfikir kreatif dan inovatif.

 

Kompetisi yang diselenggarakan pada tanggal 19-20  Maret 2021 dan dilaksanakan secara virtual melalui zoom, mampu menarik minat para pelajar maupun mahasiswa. Dari ratusan tim yang mendaftar, terdapat 27 tim yang berhasil lolos menuju semifinal. Kemudian dari jumlah tersebut diambil 6 tim terbaik yang terbagi menjadi 3 dari kategori pelajar dan 3 dari kategori mahasiswa. Peserta yang mendaftar di ajang yang sudah diselenggarakan 8 tahun berturut-turut, berasal dari berbagai kota tiga diantaranya Palembang, Bandung dan Surabaya.

 

Ketua UKM DNCC, Lisdi Inu Kencana menjelaskan bahwa tujuan dari Dinacom sebagai cara meningkatkan jiwa yang aktif, kreatif dan berfikir kritis para developer muda di Indonesia. Melalui ajang ini juga, peserta dapat menumbuhkan rasa percaya diri untuk mempresentasikan hasil karya terbaik mereka dihadapan juri. Selain itu, mereka juga dapat  mempromosikan aplikasi ciptaannya. “Walaupun pada masa pandemi seperti ini, tentunya tidak menutup bagi pelajar maupun mahasiswa untuk berkarya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

 

Ungkap Inu, pada tahun 2021 menjadi ajang yang ke delapan untuk  Dinacom dan terdapat dua kegiatan yang tak diselenggarakan karena pandemi ini. Dua kegatan tersebut yakni dinacom apps dan dinacom explore. Dinacom sendiri memiliki 3 cabang lomba yaitu website, apps dan desktop. Ia juga berharap acara Dinacom selanjutnya dapat menghasilkan peserta yang berkualitas sehingga mereka mampu mengembangkan startup dari tim mereka di masa depan.

“Kami lihat para peserta sangat antusias untuk mengikuti Dinacom walaupun pada tahun ini sangat beda. Mereka juga tetap menunjukan karya terbaiknya untuk bersaing menjadi juara,” ungkap Inu saat diwawancarai mengenai kegiatan Dinacom 2021.

 

Berikut juara pada ajang Dinacom 2021 di dua kategori yakni pelajar dan mahasiswa. Pada kategori pelajar juara 1 dari SMK N 1 Surabaya dengan judul aplikasi "Seger Waras" dari tim Ampersand, juara 2 dari SMK Raden Umar Said Kudus dengan judul aplikasi "Teman Cerita" dari tim Universe dan juara 3 dari SMK Umar Said Kudus dengan judul aplikasi "PhotoRent" dari tim RPLRUS.

 

Sedangkan kategori mahasiswa, juara 1 dari Universitas Telkom dengan judul aplikasi "Medico" dari tim Medico, juara 2 dari Universitas Telkom dengan judul aplikasi "Bugarrr" dari tim SOOP Concept dan juara 3 dari Institut Pertanian Bogor dengan judul aplikasi "Growby" dari tim Phoenix Rider. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 

Last Update : 14 Juni 2021