ANIMASI UDINUS MANFAATKAN POTENSI USAHA GLOBAL MELALUI WEBINAR INDUSTRI


Perkembangan Animasi semakin meningkat di kancah Internasional, khususnya di Indonesia. Peluang bisnis animasi yang semakin luas sangat menjanjikan. Melihat potensi ini, Program Studi (Prodi) D4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ajak masyarakat manfaatkan peluang usaha studio animasi melalui Webinar Industri Animasi pada, Sabtu (27/02/2021) lalu.

 

Webinar yang bertemakan 'Perkembangan Keahlian Entrepreneurship dalam Manajemen Studio Animasi Berskala Internasional' itu menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dalam bidang animasi berskala global, yakni Ghea Lisanova Head Of Production of Infinite Studios dan Esaf Andreas Producer MNC Animation. Kegiatan tersebut diikuti oleh 417 peserta yang terdiri dari seluruh daerah di Indonesia, selain itu juga terdapat peserta dari Amerika, Kolombia, dan Malaysia.

 

Pada pemaparannya, Ghea Lisanova mengatakan dalam suatu usaha terdapat poin penting yang perlu selalu ada dan dikembangkan oleh pelaku usaha, yakni Relationship. "Relationship menjadi hal terpenting dalam usaha studi animasi, karena klien akan selalu merasa puas apabila kita menjaga ikatan tersebut. Kalau projek kalian gagal, tidak perlu takut merugi. Jaga relasi dengan klien, nanti kerugian akan kembali dengan klien-klien baru," papar Ghea.

 

Ia juga menjelaskan, apabila seseorang ingin memulai usaha studio animasi tidak perlu merasa takut dan membatasi diri. Memanfaatkan peluang yang ada menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh seluruh pengusaha. "Jika teman-teman ingin memulai usaha studio animasi, carilah teman yang memiliki satu visi. Ikuti event-event animasi di luar negri, perbanyak relasi dan jangan takut gagal dan tingkatkan kualitas kalian, ada dua hal yang dilihat yaitu kualitas dan ketepatan waktu. Jika kualitas baik, tetapi tidak tepat waktu maka karya kalian akan sulit dilihat bagi para klien," ujarnya.

 

Menurutnya, pelaku usaha khususnya dalam usaha studio animasi perlu melakukan eksplorasi kemampuan untuk melihat perkembangan dalam dirinya. Hal ini tentunya untuk melihat kualitas yang ada dalam sebuah produksi animasi.

 

Di samping itu, Ketua Prodi D4 Animasi Udinus, Dr. Khafiidz Hastuti berharap melalui kegiatan webinar tersebut Udinus mampu ikut serta dalam kemajuan animasi baik di Indonesia maupun di mancanegara. "Kami harap seluruh peserta mampu menjadi penggerak perkembangan animasi di Indonesia dan mancanegara. Semoga Udinus selalu menjadi kampus pilihan yang mampu mencetak bibit unggul yang berkompeten dan prodi Animasi Udinus mampu menghasilkan karya yang memiliki daya saing global," harap Khafiidz. (Humas Udinus/Nuvia. Foto: Nuvia KHN)

 

Last Update : 14 Juni 2021