USUNG KONSEP WISATA, HM DKV UDINUS AJAK SISWA BERKREASI


Himpunan Mahasiswa (HM) Desain Komunikasi Visual (DKV) gelar lomba poster Youthfest #9 untuk siswa SMA/sederajat. Lomba yang dilaksanakan pada 16 Januari hingga 10 Februari 2021 tersebut mengusung konsep wisata.

 

Bertema ‘Pariwisata Indonesia’, tema tersebut diambil sebagai langkah untuk membantu pemerintah yang sedang gencar dalam membenahi sektor pariwisata di masa pandemi. Ketua Pelaksana, Dwi Herdhy Septoadi menambahkan jika tema yang diambil juga dapat membantu memperkenalkan potensi pariwisata daerah.

 

Lomba poster sendiri merupakan jenis lomba baru yang diselenggarakan oleh HM DKV. Lomba poster tersebut dipilih lantaran lomba ini mudah dipahami peserta meskipun secara daring. Unsur penilaian yang menjadi poin dalam penilaian karya peserta diantaranya adalah originalitas, konsep ide desain, nilai estetika, kesesuaian tema, dan pesan yang disampaikan.

 

Ir. Siti Hadiati Nugraini, M.Kom, Ph.D selaku kepala Program studi (kaprodi) DKV berharap jika lomba ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk menjadi ajang bakat dan potensi di bidang seni. “Selain itu, lomba poster ini diharapkan bisa membantu memberi pengetahuan mengenai tempat pariwisata kepada masyarakat khususnya di Indonesia,” terangnya.

 

Peraih juara dalam lomba poster Youthfest #9 kali ini berhasil diraih oleh juara 1 Adilla Rekystania dari SMA Negeri 1 Batu dengan total skor 262,5 poin,  juara 2 oleh Kennera Nediva Srestha J dari SMA Kolese Loyola Semarang dengan skor 236 poin, dan juara 3 diraih oleh Nazhif Dhiya Abdullah dari SMA Negeri 1 Purbalingga dengan skor 230 poin.

 

Para juara nantinya selain mendapat e-sertfikat kejuaraan dan piagam juga akan mendapatkan e-voucher pendidikan, berupa potongan Uang Sumbangan Pengembangan Institusi (USPI) saat mendaftar ke Udinus yang berlaku selama dua tahun sejak voucher diterima. (*Humas Udinus/Almira. Foto: Almira Felicia)

Last Update : 21 Juni 2021