KHATAMAN AL-QURAN ONLINE UDINUS, MANUSIA HARUS MEMILIKI SIFAT SEPERTI RASULULLAH


“Al-Quran merupakan mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, di mana di dalam Al-Quran itu sendiri terkandung berbagai hal yang pasti akan terjadi di dunia. Apa yang ada di dalam Al-Quran adalah ilmu yang akhirnya dapat dibuktikan oleh manusia atas kebenaranannya,” kata  Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES. Ph.D, Rektor Institut Sepuluh November (ITS) periode 2015-2019 saat memberikan tausiyah dalam Khataman Al-Quran Online Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Putaran ke-73.

 

Kegiatan tersebut diadakan pada Kamis, 19 Februari 2021 dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Udinus Tri Rustanti Noersasongko, SE, MM, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Supriadi Rustad,M.Si, guru besar Udinus, dosen, mahasiswa Udinus, serta Alumni ITS.

 

Dalam kegiatan rutin yang dilangsungkan Udinus setiap hari Senin dan Kamis malam itu Joni mengajak para jamaah khataman Al-Quran online tersebut untuk mengikuti apa yang telah diperintahkan Allawh SWT. “Manusia itu harus memiliki akhlak, sedangkan akhlak itu tidak dapat diajarkan. Namun, akhlak adalah sebuah wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammada SAW. Oleh karena itu, manusia harus memiliki sifat seperti Nabi agar dapat memiliki akhlak yang dicintai Allah SWT,” paparnya.

 

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa manusia adalah wadah yang diisi oleh zat yang bernama ruh. Ruh merupakan suatu zat yang memiliki sifat Fatonah, Amanah, Sidiq, dan Tabligh sedangkan manusia sendiri memiliki sifat yang berlawanan dengan ruhnya. “Manusia memiliki sifat menyesali diri sendiri, sedangkan ruh berbanding terbalik. Sehingga apabila manusia menguasai ruh ini bisa saja menjadi hal buruk seperti kafir, manusia menjadi kafir ini adalah ketika mereka tidak mengikuti sifat dari ruh kita,” jelas Joni.

 

Khataman Al-Quran menjadi salah satu solusi bagi umat muslim di Udinus untuk mengerti lebih dalam mengenai ilmu-ilmu yang terkandung di dalam Al-Quran dan bagaimana manusia seharusnya berperilaku dalam islam, dengan mengadakan tausiyah untuk menambah pengetahuan bagi sivitas akademika Udinus yang beraga muslim untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom mengatakan kegiatan ini rutin diadakan untuk mengajak seluruh sivitas akademika Udinus agar lebih dekat dan semakin dicintai oleh Allah SWt di tengah pandemi covid-19 yang masih belum mereda saat ini. “Khataman Al-Quran online ini diharapkan mampu membawa kita semua ke dalam rahmat Allah SWT. Semoga dengan adanya kegiatan ini kita semua mendapatkan keselamatan dan dijauhkan dari segala malapetaka, terlebih di saat pandemi saat ini,” harap Edi. (Humas Udinus/Nuvia. Foto: Nuvia KHN)

 

Last Update : 19 September 2021