UPT CAREER CENTER UDINUS KENALKAN PMMB KEPADA MAHASISWA


(UPT) Layanan Karir dan Alumni (Udinus Career Center) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kenalkan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat  (PMMB) kepada seluruh mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti program tersebut, berkesempatan magang  di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama kurang lebih 6 bulan, serta mampu memberikan pengalaman lebih kepada mereka.

 

Program yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), diikuti oleh 110 perusahaan berplat merah dan berbagai perguruan tinggi. Satu diantara perguruan tinggi yang terlibat yakni Udinus. Dalam ketelibatannya sejak 2019 silam, Udinus telah bekerjasama dengan 30 perusahaan BUMN yang masuk dalam PMMB. PMMB sendiri merupakan program pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara perguruan tinggi dan perusahaan BUMN.

 

Tim UPT Layanan Karir dan Alumni Udinus, Damar Anggiafitri Y S.Psi, M.Psi, Menjelaskan bahwa program tersebut mampu melatih mahasiswa dan meningkatkan pengalaman  sebelum terjun di dunia kerja nantinya.  Sejauh ini, ratusan mahasiswa telah mengikuti program tersebut, satu diantaranya di PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah XI Semarang. Ia membeberkan  terdapat beberapa perusahaan yang memperpanjang masa magang bagi mahasiswa.

"Kalau di perusahaan tersebut memberikan 10 slot untuk mahasiswa magang. 5 diantaranya mahasiswa Udinus yang magang di perusahaan itu. Magang ini bisa menjadi portofolio bagi para mahasiswa saat sudah lulus dan mencari kerja nantinya," jelasnya.

 

Sementara itu, Vice President PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah XI Semarang, Pipin Suheri Merasa  sangat terbantu dengan program magang  mahasiswa bersertifikat. Menurutnya dengan program tersebut, ia mampu menemukn kadidat-kadidat yang kuat untuk bekerja di perusahaannya nanti.

 

Ungkap dia, dalam proses alur magang mahasiswa di program tersebut, perusahaan BUMN memberikan  surat kepada FHCI dengan memberikan kriteria yang dikehendaki perusahaan BUMN. Kemudian, FHCI menghubungkan ke perguruan tinggi dengan memberikan kriteria-kriteria yang diminta oleh perusahaan BUMN. Jika kriteria sesuai maka mahasiswa dapat mengikuti PMMB.

"Kami sangat senang adanya mahasiswa magang. Kerja mereka baik satu diantaranya mahasiswa Udinus yang magang ditempat kami," Ungkap Pipin saat mengisi talkshow di TVKU Semarang.

 

Talkshow yang membahas mengenai Program Magang Mahasiswa Bersertifikat  (PMMB)  Udinus dapat disaksikan melalui kanal youtube TVKU dengan acara ‘Career Talks’. (Humas Udinus/Alex. Foto: Alex Devanda)

 

Last Update : 26 September 2021