DECRECOM 1.0 AJANG LOMBA NASIONAL, FEB UDINUS PICU KREATIVITAS MAHASISWA DI ERA NEW NORMAL


Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melalui Dinus Economic Creative Competition 1.0 (Decrecom) berhasil hasilkan juara yang memiliki kualitas mumpuni. Terdapat tiga kategori yakni short movie, poster dan Business Plan Competition (BPC) yang mampu mengasah kemampuan para peserta. 

 

Bertema ‘Inovasi dan Kreativitas Millenial di Era New Normal’, kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari  mulai pada 25-27 Januari 2021. Sebanyak 134 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut baik dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga umum dengan tiga kategori perlombaan yang ada. Kategori Business Plan Competition (BPC) ditujukan bagi mahasiswa, sementara Short movie, dan Poster yang ditujukan bagi umum.

 

Peserta yang terbagi atas 82 peserta BPC, 36 peserta Poster, dan 16 peserta Short movie tersebut sebelumnya telah melakukan pendaftaran melalui link resmi milik Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB yang kemudian telah dinilai oleh juri. Pada kategori BPC peserta diharuskan melakukan presentasi pada tanggal 25 Januari 2021 lalu untuk menentukan 10 besar yang berhak mendapatkan gelar juara. Pada kategori lainnya, peserta telah disiapkan form yang kemudian hasil karya peserta dinilai oleh juri.

 

Kegiatan Decrecom juga menghadirkan dosen Udinus sebagai juri, diantaranya Dr. Nila Tristiarini, S.E., M.Si., CSRA dan Etika Kartikadarma, M.Kom sebagai juri kategori BPC, Azalea Arda dan Godham Eko Saputro S.Sn., M.DS. sebagai juri kategori Poster, dan juri kategori Short movie yakni, Siswo Pranoto, S.Sn dan Annisa Rachmatika Sari, S.S.T., M.Sn.

 

Wakil Ketua BEM FEB, Nabila Osa Qinthara mengatakan acara yang digelar oleh BEM FEB ini ditujukan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat luas agar dapat mengembangkan pola pikir kreatif disaat masa pandemi saat ini. Selain itu, mahasiswa dan masyarakat dengan mengikuti Decrecom dapat terus melakukan inovasi, sehingga dapat mencetak para wirausahawan muda.

“ Kami ingin melalui kegiatan yang kami gelar ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan mampu mengatasi masalah pengangguran di Indonesia, baik saat masa pandemi atau saat pandemi sudah berakhir,” jelas Osa.

 

Disamping itu, Lenni Yovita SE, M.Si dosen FEB berharap acara yang digelar tersebut mampu menarik minat mahasiswa dan masyarakat untuk tetap berinovasi dalam segala bidang selama masa pandemi berlangsung. “Saya harap mahasiswa FEB selalu memberikan platform bagi mahasiswa lain dan juga masyarakat umum untuk menyalurkan kreativitas mereka, sehingga akan terus muncul banyak ide dan inovasi baru bagi dunia wirausaha yang dapat dikembangkan ketika masa pandemi saat ini,” harap Lenni.

 

Terdapat tiga pemenang pada masing-masing kategori lomba yang diumumkan pada tanggal 27 Januari 2021 melalui platform Zoom. Pada kategori short movie dijuarai oleh tim Dhiyaa Ahnaf Hariyanata dengan judul Change, kategori poster dijuarai oleh Ni Made Widya Sari dari Universitas Ganesha, sedangkan pada kategori BPC dijuarai oleh tim Yusuf Ihda Yogatama dari UGM dengan judul Bisnis UV-Tisch. (Huma Udinus/Nuvia. Foto: Dok. BEM FEB)

 

Last Update : 25 September 2021