BUAT VIDEO PEMBELAJARAN, DOSEN FKES UDINUS RAIH JUARA NASIONAL


Dosen Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) juarai lomba video pada ajang Hibah Kompetisi Dosen APTIRMIKI tingkat nasional. Ajang pembuatan video tersebut diselenggarakan pada akhir tahun 2020 lalu.

 

Retno Astuti Setijaningsih, MM. berhasil meraih juara 3 pada kategori tema 'Praktik Pendaftaran Pasien'. Selama wawancara, Retno mengaku capaian tersebut dibantu oleh tiga mahasiswa FKes Udinus, yakni Mentaya Ayuning Ananto, Yandira Wulandari, dan Tiara Rahma. Retno mengatakan ketiga mahasiswa tersebut telah membantunya selama proses pembuatan video yang dimaksudkan untuk membantu mahasiswa memahami praktik selama kelas daring berlangsung.

"Selain ditujukan untuk lomba, saya juga membuat video ini untung materi ajar. Agar mahasiswa mampu memahami materi praktik yang seharus mereka oraktikan secara langsung, namun disaat kondisi saat ini tidak memungkinkan. Sehingga video tersebut dapat ditunjukkan pada mahasiswa agar lebih memahami materi praktik yang diajarkan," jelas Retno.

 

Tak hanya itu, Retno menyampaikan pada video tersebut juga disampaikan mengenai prosedur pendaftaran pasien baru dan lama yang akan berobat ke poliklinik, UGD, atau Unit rawat inap di Rumah Sakit oleh petugas pendaftaran. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengikuti prosedur yang berlaku dalam kesehatan.

 

Capaian yang diraih tersebut tentunya memiliki kendala, Retno mengatakan selama pembuatan video hanya terkendala dalam sarana editing. Sehingga Retno bersama tim harus memanfaatkan secara maksimal sarana dan fasilitas yang ada sehingga proses pembuatan video tetap berlangsung dengan lancar. Selain itu ia juga turut memotivasi timnya agar tetap percaya diri dengan hasil yang mereka berikan.

"Sarana dan fasilitas menjadi penting, namun saya dan mahasiswa terus saling memotivasi dan memberi semangat. Agar tetap yakin dengan apa yang kita kerjakan," ungkap Retno.

 

Sementara itu, Retno mengaku tak menyangka timnya dapat meraih juara pada ajang tersebut. Ia berharap capaiannya tersebut dapat memberi motivasi dan meningkatkan minat mahasiswa untuk ikut serta menorehkan prestasi. "Saya berharap dengan capaian ini mahasiswa FKes Udinus berani dan percaya diri untuk mengikuti berbagai lomba, menciptakan prestasi-prestasi lainnya," ujarnya.

 

Lomba yang diikuti oleh 69 institusi pendidikan seluruh Indonesia tersebut memiliki 10 kategori tema, yaitu Praktik Pendaftaran Pasien, Praktek Filing, Praktik Koding 1, 2 dan 3, Praktik Analisis Kuantitatif, Praktikum Analisis Kualitatif, Praktikum Statistik, Praktik TIK, serta Praktik Sistem Pembiayaan Kesehatan. (*Humas Udinus/Nuvia. Foto: Dok. FKes)

 

Last Update : 25 September 2021