ILKOM UDINUS AJAK MAHASISWA TOREHKAN PRESTASI DI TENGAH PANDEMI


Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Univeritas Dian Nuswantoro (Udinus) gelar webinar yang mengulik pentingnya menjadi mahasiswa berprestasi. Webinar tersebut diselenggarakan pada Senin, 4 Januari 2021 yang disiarkan melalui Zoom Meeting.

 

Acara bertema ‘Pentingnya Berprestasi Sebagai Seorang Mahasiswa Di Tengah Pandemi’ tersebut diisi oleh mahasiswa berprestasi Udinus, Talitha Laliba R, mahasiswi Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Udinus yang menjadi atlet taekwondo dan mampu meraih penghargaan Internasional di berbagai ajang. Acara tersebut diprakarsai oleh dua mahasiswa dari Prodi yang sama yakni Prodi S-1 Ilmu Komunikasi, Pasha Novianto dan Very Stefano.

 

Talitha banyak menceritakan pengalamannya selama menjadi atlet. Ia menuturkan jika selama menjadi atlet, ia harus membagi waktu antara kuliah dan berlatih. Termasuk menyusun KRS (Kartu Rencana Studi) untuk disesuaikan dengan jadwal latihan. “Karena setiap hari saya juga membuat jadwal rutin, kapan berlatih, kuliah, membuat tugas. Bahkan tidur pun harus tepat waktu karena pagi harinya saya sudah harus berolahraga,” cerita Talitha.

 

Meski sibuk, Talitha mengungkapkan jika menjadi mahasiswa berprestasi bisa memberi manfaat dikemudian hari. Karena menurutnya, menjadi pintar saja tidak cukup.

“Apapun prestasinya itu bisa bermanfaat, karena kita tidak cukup hanya menguasai satu bidang, apalagi banyak yang sekarang ini justru pekerjaannya berbeda dengan jurusan kuliah yang diambil,” tambahnya.

 

Selain itu, pentingnya berprestasi ini nantinya bisa dijadikan sebagai portofolio ketika ingin melamar pekerjaan, sehingga nantinya bisa mendapat peluang yang lebih besar daripada yang tidak berprestasi. Manfaat lain yang Talitha rasakan adalah saat dirinya menang. Tak hanya mendapat bonus hadiah berupa uang, namun ia bisa mendapat fasilitas dari kampus seperti beasiswa penuh selama empat tahun berkuliah. “Karena ketika kamu menjadi mahasiswa berprestasi, akan mendapat hak khusus dari pihak manapun, termasuk dari kampus,” jelas Talitha.

 

Untuk itu, Talitha lebih menekankan kepada para teman-teman mahasiswa untuk mendalami keahlian masing-masing dan bisa mengikuti lomba. “Apapun bidangnya pasti bisa diseriusin lagi, mulai dari yang suka masak bisa nyoba buat resep baru, ngegame juga bisa ikut e-sport, yang jago ngedit juga bisa diperdalam lagi ilmunya. Intinya, totalitas aja di suatu bidang, maka kamu akan dapat hasil yang memuaskan juga,” tambahnya.

 

Sementara itu, Talitha sudah menjuarai berbagai lomba taekwondo dengan fokus kategori Poomsae di tingkat Internasional bersaing dengan negara lainnya. Kategori poomsae sendiri berfokus pada lomba untuk mempraktikkan gerakan dan jurus-jurus dalam taekwondo. Semakin bagus gerakan yang diperagakan, akan semakin score nilai akhir yang didapat.

 

Penggagas kegiatan webinar, Pasha Novianto menjelaskan kegiatan ini sebagai sarana untuk memacu para mahasiswa lainnya agar mampu berprestasi dan menjadi penyemangat di masa pandemi ini. Menurutnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia tak menjadi penghalang untuk mahasiswa terus berprestasi.

“Kami sebagai mahasiswa Udinus bangga dengan torehan Talitha semoga dengan acara ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk tetap berprestasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Almira. Foto: Almira Felicia)

 

Last Update : 17 September 2021