FEB UDINUS TINGKATKAN KUALITAS DOSEN DALAM MEMBIMBING MAHASISWA MELALUI WORKSHOP PKM


Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) adakan Workshop Program Kreatif Mahasiswa (PKM) bagi dosen. Acara tersebut sebagai sarana bagi para dosen untuk belajar dalam menggali kemampuan mahasiswa.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh dosen FEB Udinus tersebut mendatangkan Dr. Tommy Yuniawan S.Pd. M.Hum dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai pembicara, selain itu juga dihadiri oleh Dekan FEB, Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D dan Wakil Rektor III Bidang Akademik, Dr. Kusni Ingsih MM.

 

Pada sambutannya, Dekan FEB Prof. Vincent Didiek Wiet Aryanto MBA, Ph.D mengatakan saat ini banyak mahasiswa yang kreatif namun kesulitan dalam menuliskan ide gagasan mereka dalam sebuah proposal. Dari masalah ini menjadi sebuah tugas bagi para dosen untuk mengembangkan gagasan mahasiswa. “Dosen harus mampu memberikan semangat dan terus membimbing mahasiswa, sehingga Udinus dapat menampung ide-ide kreatif mereka dalam PKM,” tungkasnya.

 

Workshop Program Kreatif Mahasiswa (PKM) membahas berbagai permasalahan, tips maupun trik mengenai dunia PKM yang berlangsung pada Rabu, (16/12/2020).  Puluhan dosen dari FEB Udinus mengikuti workshop tersebut yang diadakan melalui online dengan menggunakan aplikasi zoom.

 

PKM menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mencapai sebuah prestasi dalam kancah nasional maupun internasional. Dr. Tommy Yuniawan S.Pd. M.Hum menjelaskan bahwa peran dosen sangat penting dalam menggali potensi yang dimiliki mahasiswa, perlu adanya dorongan dari dosen agar mahasiswa lebih kreatif dan lebih peduli dengan keadaan sekitar. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah FEB Udinus dalam menyiapkan mahasiswa yang kreatif dan berprestasi sehingga dapat menjadi lulusan yang berkualitas dan berintegritas tinggi.

“Berawal dari kreativitas, seperti halnya dengan dosen, mahasiswa juga harus mempersiapkan proposal atau karya tulis. Dalam hal tersebut dosen berperan untuk membimbing serta mendampingi mahasiswa selama proses PKM ini,” jelas Tommy.

 

Ia juga mengatakan para dosen harus mampu mengarahkan mahasiswa untuk melihat peluang dari lingkungan mereka tinggal, agar mempermudah pengamatan mahasiswa terhadap permasalahan yang terjadi.

“Kreativitas lahir dari kejelian mahasiswa dan pembimbing dalam mengamati hal-hal terdekat. Disini dosen berperan untuk mengarahkan mahasiswa untuk lebih jeli dalam mengamati permasalahan yg ada disekitar, sehingga mampu membentuk tim PKM yang terdiri dari mahasiswa yang memiliki kemampuan team work atau dream team,” tutupnya. (Humas Udinus/Nuvia. Foto: Nuvia KHN)

 

Last Update : 13 Juni 2021