MELALUI ANIMASI ‘SAFETY RIDING’ CIPTAANNYA, MAHASISWA UDINUS BERHASIL MENJADI JUARA DUA DI LOMBA ANIMASI KEMENDIKBUD


Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil menjadi juara dua di lomba Animasi Motion Graphic, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam ajang itu, Adhi Noor Prasetya menciptakan animasi dengan tema ‘Safety Riding’.

 

Animasi yang ia buat terdapat berbagai hal mengenai berkendara yang baik. Mulai dari   memberikan himbauan, peringatan memakai pelindung kepala, serta edukasi pentingnya surat-surat kendaraan sebelum berkendara di jalan raya. Ajang tingkat nasional tersebut diadakan pada Juni dan diumumkan pada awal Desember 2020 lalu melalui aplikasi zoom.

 

Dalam sesi wawancara, mahasiswa Prodi D-4 Animasi Udinus, Adhi Noor Prasetya menuturkan animasi yang ia buat bertujuan untuk supaya angka kecelakaan di Indonesia menurun. Dalam proses pembuatannya, ia membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dan dibantu oleh mahasiswi dari prodi yang sama yakni Umi Nisa Ulfiyah. Berbagai program ia gunakan untuk membuat animasi ‘Safety Riding’, mulai dari Adobe Photoshop, Adobe after effect, Adobe Audition hingga Adobe Premiere Pro.

“Saya melihat jumlah kematian akibat kecelakaan kendaraan bermotor di Indonesia sangat tinggi, Maka dari itu saya berinisiatif membuat animasi ini. Terkait materi, ide, konsep, storyboard, animasi, audio recording, compositing, editing, render saya kerjakan sendiri sedangkan pembuatan vector dibantu oleh rekan saya di prodi D-4 Animasi,” jelasnya.

 

Di tahun 2019, Adhi sapaan akrabnya berhasil menjadi Juara 2 nasional di perlombaan animasi Mitigasi Bencana BPBD Kota Semarang. Pada lomba serupa yang diadakan oleh badan anti rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, ia masuk dalam 20 besar animator terbaik.

 

Kaprogdi D-4 Animasi Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti M.Kom bangga dengan capaian dari Adhi Noor Prasetya, mahasiswa dari prodi yang ia pimpin. Menurutnya prestasi ini dapat menjadi stimulus bagi mahasiswa prodi D-4 Animasi lainnya untuk unjuk diri di kancah regional, nasional bahkan internasional sekalipun.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan, kami terus berupaya untuk mencetak mahasiswa-mahasiswa yang terampil dan inovatif khususnya di dunia animasi,” tutupnya. (Humas Udinus/Alex. Foto: Dok. Probadi)

 

Last Update : 24 Juni 2021