Berbagai aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan akan mendatangkan segala berkah pahala dari Allah SWT. Untuk itu banyak kegiatan yang dilakukan oleh berbagai institusi, agar suasana Ramadan lebih hangat dan bermanfaat bagi umat Muslim di dun


Program Studi Sastra Jepang S1 Fakultas Bahasa dan Sastra Udinus mulai 10 Juli 2007 telah memperoleh Status Akreditasi dengan nilai B berlaku sampai dengan 10 Juli 2012 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Depdiknas melalui SK Nomor: 015/BAN-PT/Ak-X/S1/VII/2007.

 

Pemerolehan status akreditasi ini menjadikan Program Studi Sastra Jepang S1 Udinus sebagai Program Studi Sastra Jepang kedua (setelah UGM juga dengan Nilai B) yang memperoleh status akreditasi dari BAN-PT, dan merupakan Program Studi Sastra Jepang pertama untuk PTS di wilayah Jateng dan DIY. Status akreditasi ini tentu saja merupakan wujud kepercayaan dari pemerintah dan masyarakat terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan di program studi ini.

 

Mutu penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Sastra Jepang Udinus ini terbukti dengan berhasilnya mahasiswa Program Studi ini memenangkan seleksi Beasiswa Monbusho dari Pemerintah Jepang untuk belajar bahasa dan budaya Jepang di Osaka Foreign Language University Jepang selama 1 tahun. Mahasiswa tersebut adalah Sylvia Wijaya, satu-satunya pemenang dari wilayah Jateng dan DIY. Seleksi Beasiswa Monbusho tahun ini diikuti sekitar 200 mahasiswa PTN dan PTS di seluruh Indonesia. Besar beasiswa yang diberikan adalah 139.000 Yen setiap bulan selama 1 tahun.      

 

Sebagai tambahan, Sylvia Wijaya merupakan Juara II Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Dian Nuswantoro tahun 2007. Selain aktif di Himpunan Mahasiswa Jepang (Hikari) FBS Udinus, dia juga sering mengikuti lomba bahasa Jepang baik tingkat regional maupun nasional.  

 

(08-08-07/soen)

Last Update : 1 Januari 1970