TRIPPOD.ID, MARKETPLACE FOTOGRAFI DEBUTAN MAHASISWA UDINUS


Enam mahasiswa dari program Teknologi Informasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berhasil menciptakan aplikasi marketplace di dunia fotografi bernama Trippot.id. Aplikasi tersebut nantinya kan memudahkan para backpacker dan pasangan calon suami istri yang akan melangsungkan pernikahan dalam mencari rental kamera hingga berlibur ke tempat wisata yang ada di Indonesia. Aplikasi tersebut menawarkan beberapa penawaran yang dapat digunakan oleh pengguna seperti rental kamera, rental fotografer dan rental fotografi pernikahan. Sistem yang digunakan menggunakan sistem kerjasama. Dalam pembuatannya, mereka memanfaatkan ilmu yang didapatkan semasa perkuliahan.
 
 
 
Ketua dari aplikasi Trippod.id, Adis Wing Kasenda mengungkapkan bahwa munculnya ide pembuatan aplikasi tersebut berasal dari pekerjaan yang dilakoninya selama ini sebagai perental kamera konvensional. Menurutnya aplikasi yang ia dan rekan-rekannya ciptakan memiliki peluang yang sangat besar tak banya developer yang membuat aplikasi seperti itu. “Ide nya memang dari apa yang saya kerjakan selama ini. Awalnya bingung ingin buat aplikasi mengenai apa dan saya melihat peluang besar di fotografi ya kemudian saya dan rekan rekan membuat aplikasi ini. Dukungan dari Udinus juga besar,” ungkapnya.
 
 
 
Ia menambahkan bahwa aplikasi Trippod.id akan terus dikembangkan dan nantinya  akan memiliki fitur yang baru dan banyak menawaran menarik seperti pariwisata, hingga perhotelan yang ada di Indonesia. Aplikasi tersebut masih dalam tahap prototype dan masih membutuhkan waktu untuk penyempurnaan sebelum secara resmi di publish di playstore. “Kami akan terus kembangkan dan kami mengajak mitra persewaan fotografer untuk bergabung dengan aplikasi ini. Keamanan mengenai kehilangan kamera atau apapun memang tanggung jawab dari mitra, namun kami menghimbau agar persewaan kamera yang bergabung dengan kami harus mencocokan dahulu identitas dari user yang akan meminjam hal ini untuk keamanan,” ujarnya.
 
 
 
Ia menargetkan pengguna aplikasi Trippod.id merupakan para wisatawan domestik maupun luar negeri yang berlibur di Indonesia dan dapat memanfaatkan aplikasi yang tersebut. Karena dengan aplikasi Trippot.id para wisatawan dapat terbantu dan dimudahkan dari pencarian hotel bagi backpacker maupun sewa kamera untuk dokumentasi. “Kami harap aplikasi ini bisa jadi solusi bagi para backpacker yang selama ini mungkin kesulitan mencari hotel yang budget murah atau cari persewaan kamera,” harapnya.
 
 
 
Aplikasi tersebut diciptakan oleh enam mahasiswa Udinus yakni Adis Wing Kasenda, Muchamad Harib Bahtiar, Rio Naufal Rsyad, Kevin Indra Mahendra, Kun Amrin Amanu dan Indrasurya Dewandaru.Aplikasi tersebut berhasil memperoleh juara kedua dalam ajang ‘Creative Entrepreneur’ beberapa bulan yang lalu.
 
 
 
Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono S.Sos, MSi menegaskan bahwa Udinus terus mengasah kemmapuan para mahasiswa yang agar mampu menciptakan alat yang dapat berguna bagi masyarakat luas. Menurutnya melalui karya yang dihasilkan mahasiswa dari berbagai bidang yang ada di Udinus, akan menjadi solusi dari permasalahan yang ada di Indonesia. “Melalui aplikasi ini nantinya dapat mendongkrak kunjungan pariwisata di Indonesia khususnya di Jateng. Program itu semoga bisa cepat dirilis dan kami Udinus selalu mendukung penuh capaian dari mahasiswa,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)

Last Update : 15 Juni 2021