UDINUS SEDIAKAN RIBUAN TAKJIL SETIAP HARI


Berbagai kegiatan Ramadan telah digelar oleh banyak instansi, organisasi, maupun lembaga-lembaga yang ada di masyarakat. Tidak ketinggalan pula Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang kampusnya terletak di pusat kota Semarang, di jalan Imam Bonjol No. 207 ini. Sudah menjadi agenda tahunan ketika bulan Ramadan, Udinus selalu menggelar berbagai kegiatan untuk lebih meningkatkan ke-Islaman, kepedulian terhadap sesama, dan kepekaan sosial sivitas akademika Udinus.
 
 
 
Di tahun 2018 dalam Gema Ramadan 1439 Hijriah ini, tema kegiatan yang diambil adalah ‘Bulan Suci Ramadan Momentum Revolusi Diri Menuju Insan yang Lebih Berkualitas’. Kegiatan yang bisa diikuti semua sivitas akademika sehari-harinya adalah Kajian Menjelang Buka Puasa, Buka Puasa Bersama, Salat Tarawih, dan Tadarus Al-Quran. Untuk Kajian Menjelang Buka Puasa dapat diikuti setiap hari Senin hingga Kamis (hari aktif kampus) mulai pukul 17.00 WIB. Materi kajianpun bervariasi dan berganti setiap harinya dengan mengundang beberapa pembicara yang berbeda. Yang kemudian akan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, dimana setiap harinya panitia telah menyediakan makan dan minum untuk ± 2000 orang. Makanan berbuka puasa (takjil) tersebut disediakan di 2 masjid yang ada didalam lingkungan kampus Udinus, yakni Baitul Ilmi dan Baitul Mutaqien. “Takjil yang berjumlah ribuan ini biasanya akan diserbu oleh mahasiswa, dosen, karyawan, maupun masyarakat sekitar Udinus yang sedang berpuasa. Karena memberikan takjil untuk orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang besar,” ungkap Agus Triyono, MSi selaku Kahumas Udinusu sekaligus Humas Gema Ramadan Udinus 1439H.
 
 
 
Setelah berbuka puasa, kegiatan dilanjutkan dengan salat Magrib berjamaah, salat Isya berjamaah, salat Tarawih, dan tadarus Al-Quran. Selain kegiatan rutin harian selama bulan Ramadan, terdapat juga acara-acara khusus. Diantaranya Ngabuburut Spesial yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis, diisi oleh narasumber-narasumber special. Selain itu akan diadakan juga Pengajian Nuzulul Quran, Khataman Al-Quran, Bakti Sosial, Gerakan Itikaf dan Subuh berjamaan, serta Halal Bi Halal.
 
“Seluruh kegiatan ini tidak hanya sebagai wadah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan saja, namun juga unuk mempererat ukhuwah dan tali silaturahmi antar sivitas akademika Udinus,” tambah Agus.  (*Humas Udinus/lex/AT. Foto : dok)
 

Last Update : 14 Juni 2021