DUKUNG P4GN, REKTOR UDINUS LAKUKAN TES URINE


Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Prof. Dr. Edi Noersasongko, M.Kom lakukan tes urine dalam rangka mengajak seluruh sivitas akademika agar terhindar dari bahaya narkoba. Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di beberapa titik di Udinus.
 
 
 
Tes tersebut dilakukan langsung oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah dan dilakukan di 4 titik yakni di gedung A lantai 1, gedung D lantai 1, gedung G lantai 2 dan gedung H lantai 1. Selain Rektor Udinus, seluruh jajaran sivitas akademika dari dosen maupun karyawan Udinus juga melakukan tes urine.
 
 
 
Prof. Dr. Edi Noersasongko M.Kom mengatakan jika kegiatan tes urine untuk seluruh karyawan Udinus sebagai langkah mendukung pemerintah dalam bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Menurutnya melalui tes tersebut merupakan langkah mengajak para generasi muda untuk menghindari narkoba yang selama ini merusak generasi Indonesia.
 
 
 
“Tes ini membuktikan bahwa Udinus konsen terhadap penanggulangan narkoba. Kami juga melakukan tes terhadap para mahasiswa secara acak dan waktupun kami rahasiakan, supaya narkoba jauh dari Udinus. Tidak hanya kalangan mahasiswa yang dilakukan tes urine, tapi juga dosen dan seluruh karyawan Udinus agar tidak menyentuh hingga mengkonsumsi barang terlarang itu,” ujarnya pada Selasa (8/5/2018)
 
 
 
Ia mengungkapkan kegiatan tersebut bagi para karyawan Udinus dilakukan secara rutin setiap setahun sekali dan bagi mahasiswa dilakukan secara rutin selama tiga bulan sekali. Menurutnya sanksi tegas akan diberikan kepada karyawan yang menyalahgunakan narkoba.
 
 
 
“Sanksi tegas tak tanggung-tanggung kami berikan bagi civitas akademika Udinus yang menyalahgunakan narkoba, yakni langsung dikeluarkan dari Udinus. Pecandu narkoba harus diberikan efek tegas agar tak mengulangi bahkan tak mencoba kembali,” ungkapnya.
 
 
 
Selain itu, Kepala Seksi Pencegahan BNNP Jateng, Jamaluddin Maruf, S.fam,Apt menuturkan komitmen Udinus terhadap pemberantasan narkoba sangatlah baik dan telah dilakukan sedini mungkin. Ia berharap agar Udinus terus fokus dalam memberantasan narkoba dikalangan masyarakat dan memberikan edukasi terhadap masyarakat luas.
 
 
 
“Udinus sudah menjadi kampus yang bebas narkoba dan hal itu harus terus dijaga dengan melakukan kegiatan rutin seperti ini, agar narkoba dikalangan generasi muda bisa terkikis pelan-pelan bahkan bisa hilang. Selain itu juga memberikan kegiatan positif menunjang mahasiswa agar menciptakan karya yang baik,” tuturnya.
 
 
 
Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono,S.Sos, MSi menegaskan sebagai kampus yang berpredikat kampus bebas narkoba, Udinus akan terus mensosialisasikan bahaya narkoba dan gencar melakukan sidak tes urine sebagai langkah nyata. “Udinus akan terus menyelenggarakan tes urine dan mengedukasi masyarakat terhadap bahayanya dari narkoba,” terang Agus. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)
 

Last Update : 25 September 2021