DINDA AKAN BAWA UDINUS MELAJU KE MAWAPRES TINGKAT NASIONAL


Pariwisata di daerah Jawa Tengah memang sangat potensial untuk terus digali dan dikembangkan. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah propinsi yang bersinergi dengan berbagai pihak, agar sektor pariwisata dapat menambah pendapatan daerah serta masyarakat Jawa Tengah.
 
Sebagai generasi muda yang peduli terhadap potensi daerah, Dinda Saraswati mahasiswi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), mengangkat tema “Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Pariwisata Jawa Tengah” dalam ajang mahasiswa berprestasi (Mawapres) tingkat Kopertis wilayah VI. Dalam ajang tersebut, Dinda dinobatkan menjadi juara 3 serta berhak mewakili Jawa Tengah ke ajang Mawapres tingkat nasional.
 
 
 
“Banyak sekali potensi pariwisata di Jawa Tengah ini, namun tidak terekspos dengan baik, sehingga jumlah wisatawan yang datang belum maksimal. Untuk itu dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang saya buat untuk Mawapres ini membahas mengenai Strategi Digital Marketing untuk peningkatan pariwisata Jawa Tengah,” tutur Dinda pada Senin(7/5/2018).
 
 
 
Dinda menjadi juara 3 di mawapres tingkat Kopertis wilayah VI, setelah mengalahkan peserta dari 200 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah. Nantinya 6 besar dari mawapres Kopertis wilayah VI dapat melaju ke mawapres tingkat nasional untuk bersaing dengan mahasiswa berprestasi di seluruh PT Negeri maupun Swasta se-Indonesia.
 
 
 
“Untuk Mawapres tingkat nasional nanti, akan diberikan sentuhan baru di KTI, yakni gagasan pembuatan aplikasi yang menyedikan informasi lengkap mengenai pariwisata Jawa Tengah. Dimana aplikasi tersebut tidak hanya berisi mengenai informasi akomodasi dan transportasi saja, namun juga cerita rakyat yang dikemas dalam augmented reality/komik digital. Tujuannya tidak lain adalah agar turis yang datang ke Jawa Tengah ini paham mengenai riwayat dan sejarah tempat-tempat wisata di propinsi ini,” papar Dinda, mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi Udinus.
 
 
 
Saat ini Dinda sedang mempersiapkan dirinya untuk maju ke mawapres tingkat nasional. Pertengahan Mei 2018 nanti akan diumumkan 15 besar mawapres nasional, mereka yang lolos dapat mengikuti karantina dan proses pemilihan untuk kemudian dinobatkan menjadi mawapres tingkat nasional. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus Dr Kusni Ingsih, MM yang mengawal kegiatan ini mengatakan akan terus mendampingi Dinda agar dapat berprestasi di kancah nasional. “Bidang Kemahasiswaan Udinus memberikan support maksimal untuk Dinda, agar dapat berlaga di mawapres nasional. Agar perjuangan selama ini tidak sia-sia, dan dapat mengharumkan nama Udinus,” ungkap Kusni saat mendampingi Dinda menyerahkan piala juara Mawapres tingkat Kopertis wilayah VI pada Rektor Udinus.
 
 
 
Pembibitan mahasiswa berprestasi memang dilakukan sejak dini di Udinus. Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi optimis akan usaha Dinda menembus mawapres tingkat nasional. “Dinda ini merupakan mawapres tingkat universitas yang lolos ke level yang lebih tinggi. Di kampus kami penjaringan di tiap fakultas dilakukan agar mahasiswa potensial dapat dipupuk dalam menambah pundi-pundi prestasi,” tandas Agus. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

Last Update : 13 Juni 2021