UDINUS TERIMA KUNJUNGAN PSM DINAS SOSIAL PEMPROV JATENG


Mencari tempat rujukan dalam mempelajari ilmu kewirausahaan, memang sudah tepat jika datang ke Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada Selasa (10/4/2018) kemarin. Diterima oleh tim dari Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Udinus di aula gedung H lantai 7, sebanyak 150an pekerja sosial masyarakat (PSM) mengikuti kegiatan tersebut.
 
 
 
“Udinus sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berbagi ilmu maupun akan menimba ilmu di kampus kami. Seperti yang hadir di kampus kami hari ini, kami akan berikan pengetahuan mengenai strategi pemasaran secara online,” tutur Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr Kusni Ingsih, MM.
 
 
 
Kegiatan bimbingan teknis kewirausahaan bagi para PSM dibawah naungan Dinas Sosial Pemprov Jateng ini membawa perwakilan dari masing-masing 35 kabupatenkota di Provinsi Jawa Tengah. Setiap kabupaten/kota mengirimkan 3 perwakilan dalam kegiatan ini.
 
Dinas Sosial Pemprov Jateng sendiri meminta Udinus untuk memberikan materi mengenai “Strategi Pemasaran Produk Hasil Potensi Daerah Berbasis Online.” Materi disampaikan oleh Imam Nuryanto, SE, MM yang merupakan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis sekaligus Kepapa UPT Kewirausahaan Udinus.
 
Dalam paparannya Imam mengetengahkan berbagai strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh para PSM di daerahnya. “Tentunya untuk setiap daerah, karateristik pembeli produk akan berbeda perlakuannya. Sehingga harus dianalisa dulu jenis konsumen di daerah masing-masing, lalu menetapkan harga yang sesuai, dan melakukan penjualan untuk meningkatkan potensi daerah,” papar Imam.
 
Peserta bimbingan teknik ini juga diajarkan cara membuat email, website sederhana, hingga memilih platform untuk berjualan. Terlebih di era yang serba terkait dengan sosial media ini, hendaknya para PSM lebih melek teknologi dan perkembangannya.
 
 
 
Diakhir acara diberikan kenang-kenangan dari Wakil Rektor III Udinus pada perwakilan Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Pemprov Jateng, Arisman Kusyanto. (*Humas Udinus/Ning. Foto : Nining Sekar)
 

Last Update : 22 Juni 2021