FIK UDINUS MENGEDUKASI EDUKASI SISWA SMKN 12 MALANG


Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang mengedukasi siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 12 Malang bahwa jurusan komputer dapat dipelajari dengan mudah dan menyenangkan kepada. Edukasi tersebut merupakan sarana Udinus dalam meningkatkan kemampuan dari siswa-siswi Indonesia. Materi dalam kunjungan diisi oleh Ketua Program studi Sistem Informasi, Affandy M.Kom, Ph.D dan dosen dari Teknik Informatika Udinus, Ardytha Luthfiarta M.Kom.
 
 
 
Affandy M.Kom, Ph.D mengatakan mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda, memang sangat penting. Terlebih mengenai pentingnya menempuh pendidikan tinggi, memilih jurusan yang tepat, agar nantinya jika masuk dunia kerja sesuai dengan passion masing-masing. Menurutnya pendidikan tinggi sangat penting, dikarenakan di dunia kerja spesifikasi pada era sekarang pelamar kerja dituntut memiliki ilmu yang tinggi. “Kunjungan dari SMKN 12 Malang ini sudah banyak dilakukan oleh SMA maupun SMK yang lainnya. Sekaligus kami manfaatkan untuk mempromosikan Udinus,” ujarnya pada Jumat (6/4/2018).
 
 
 
Tambahnya, jika selama ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang salah jurusan, dimana masa perkuliahan berbanding terbalik dengan pekerjaan yang dijalani. Melalui kunjungan tersebut Udinus juga mengedukasi mengenai ruang lingkup dunia kompuer.
 
“Ruang lingkup dunia komputer beraneka ragam dari mempelajari perangkat saja hingga manusia. Dibagi dalam 5 kategori berbeda, dua diataranya sistem informasi dan komputer sains. Dengan banyaknya cabang ilmu, siswa harus memilih jalur yang sesuai minat dan bakat jika ingin menguasai dunia teknologi agar tidak menjadi hambatan saat menempuh pendidikan,” tandasnya.
 
 
 
Ia berharap agar para siswa SMKN 12 Malang dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi karena persaingan di dunia kerja tidak hanya dari Indonesia bahkan pada era keterbukaan informasi masyarakat Indonesia juga bersaing dengan negara luar. “Siswa harus memiliki mimpi agar mampu bersaing dan mampu meraih prestasi melalui perguruan tinggi. Untuk itu, kami dari Udinus selalu berusaha menciptakan bibit-bibit yang unggul,” harapnya.
 
 
 
Sementara itu, Kepala Program RPL dari SMKN 12 Malang, Dian Astuti menjelaskan, jika kunjungan ke Udinus merupakan rangkaian dari kegiatan kunjungan industri. Selain itu, sebagai gambaran supaya siswa SMKN 12 Malang agar memilih jurusan sesuai dengan passion. “Selama ini siswa kami menganggap jurusan RPL itu sulit. Namun melalui informasi dari para dosen Udinus mengenai RPL dan dunia IT, dapat menjadi motivasi bagi siswa kami untuk menganggap jika RPL itu mudah dan menyenangkan,”jelasnya.
 
 
 
Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos, Msi menegaskan jika Udinus akan selalu memfasilitasi SMK maupun SMA yang ingin melakukan kunjungan dan menambah ilmu mengenai sistem perkuliahan. “Perkuliahan di era modern seperti ini sudah sangat penting dan menjadi keharusan karena perasaingan di dunia kerja sudah semakin berat,” tegasnya. (*Humas Udinus/Alex. Foto : Alex Devanda)

Last Update : 15 Juni 2021