OPTIMISME PRODI KESLING UDINUS SAAT PROSES VISITASI


Setelah dibuka selama 2 tahun yang lalu, program studi (prodi) Kesehatan Lingkungan (Kesling) Universitas Dian Nuswantoro mulai mempertahankan kualitasnya dengan terus berbenah. Belum lama ini (22/3/2018), prodi tersebut menerima visitasi asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dengan tujuan meningkatkan nilai akreditasi prodi.
 
 
 
Kunjungan asesor ini diterima oleh Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom, Wakil Rektor I Prof Dr Supriadi Rustad MSi, Dekan Fakultas Kesehatan Dr Guruh Fajar Shidik MCs,  dan Kaprodi Kesling Dr Drs Slamet Isworo MKes di rektorat Udinus. “Untuk mendapatkan nilai akreditasi yang lebih baik lagi setelah prodi tersebut dibuka. Sehingga kami dapat berlari semakin kencang untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkompeten di bidang kesehatan lingkungan,” ujar Guruh, Dekan FKes.
 
 
 
Dua asesor yang mengawal visitasi Kesling Udinus antara lain Prof Dr dr M Alimin Maidin MPH dan Dr Margareta Maria Sintorini MKes. Usai diterima oleh jajaran rektorat Udinus, dua asesor tersebut langsung meninjau fasilitas yang dimiliki oleh prodi Kesling. Dari mulai laboratorium basah hingga laboratorium kering, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), hingga TVKU. Selain itu dilakukan juga wawancara dengan tenaga pendidik, karyawan FKes, mahasiswa, serta stakeholder. “Kendala untuk Kesling Udinus ini hanya belum memiliki alumni karena merupakan prodi baru. Namun jika dilihat dari borang, Kesling Udinus sudah cukup bagus,” tutur Alimin.
 
Ia menuturkan, tenaga kesehatan lingkungan ini sangat dibutuhkan di Indonesia. Terlebih negara kita terdiri dari negara kepulauan, dimana setiap pulau mempunyai masalah yang berbeda-beda. “Tenaga yang berlatar belakang kesehatan lingkungan ini akan sangat dibutuhkan, dari level edukasi hingga lapangan. Dan Udinus telah membidik pasar dengan sangat tepat,” tambah Alimin.
 
 
 
Kegiatan visitasi dari LAM-PTKes ini didukung oleh seluruh sivitas akademika Udinus. Terlebih untuk kenaikan nilai akreditasi prodi-prodi baru, Udinus terus memacu tim akreditasinya agar mendapat nilai yang terbaik. “Menjelang masa penerimaan mahasiswa baru 2018/2019 ini, kami terus berbenah. Semoga banyak prodi-prodi baru yang mendapat nilai akreditasi terbaik,” tutup Agus Triyono, MSi Kahumas Udinus. (*Humas Udinus/ning. Foto : Nining Sekar)

Last Update : 27 September 2021