DINACOM 2018 HADIRKAN APLIKASI ANAK NEGERI


Digenjotnya pengembangan 1000 startup digital di Indonesia, memberi angin segar bagi para pengembang aplikasi (developer), terutama mereka yang masih di bangku kuliah. Karena program 1000 startup digital ini bisa menjadi ajang menjajal kemampuan. Untuk menjaring para developer terbaik dari berbagai daerah, Dinus Computer Club (DNCC), sebuah unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) milik Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali menggelar ajang tahunan Dinus Application Competition (Dinacom), pada Minggu (25/2/2018) lalu.
 
“Ini adalah tahun keempat kompetisi nasional Dinacom digelar oleh DNCC. Dari tahun ke tahun, peminatnya bertambah dan makin variatif aplikasi yang dihasilkan,” tutur Ketua Dinacom 2018 Dinia Kurnia Pratiwi.
Rangkaian kompetisi Dinacom ini dibagi menjadi 2 sub acara, yaitu Dinacom Explore dan Apps. Untuk Dinacom Explore, tim DNCC mengadakan roadshow pelatihan pembuatan game untuk pelajar di empat kota diantaranya Semarang, Pekalongan, Magelang dan Salatiga sejak pertengahan Januari 2018. “Sedangkan untuk Dinacom Apps merupakan puncak acara yang menggelar kompetisi aplikasi berbasis web, mobile, maupun desktop dengan dua macam kategori, pelajar dan mahasiswa,” tambah Dinia.
 
Tahun ini total pesert a mencapai 130 tim yang kemudian melalui babak penyisihan dan menyaring 10 tim terbaik dari dua kategori. Tahap selanjutnya 10 tim dari dua kategori melakukan presentasi produk aplikasinya pada Sabtu (24/2/2108). Tahap terakhir, lima finalis dari dua kategori mempresentasikan didepan audience.
“Udinus selalu identik dengan IT, dan kegiatan Dinacom yang diselenggarakan DNCC ini mengakomodir para developer baru secara nasional. Semoga Udinus dapat selalu berkontribusi positif bagi Indonesia,” ujar Prof Dr Edi Noersasongko Mkom Rektor Udinus saat menghadiri acara tersebut.
 
Dari ajang Dinacom 2018, keluar sebagai juara di kategori pelajar, juara 1 dari SMAN 11 Makasar dengan aplikasi Tanggap Darurat, juara 2 dari SMAN 3 Magelang dengan aplikasi Print’O, dan juara 3 dari SMK IDN Madinatul Ilmi Bekasi dengan aplikasi Yuk Ngaji. Dari kategori pelajar, juara 1 diraih oleh STMIK Akakom Yogyakarta dengan aplikasi Mastupang, juara 2 diraih oleh Universitas Amikom Yogyakarta dengan aplikasi Feeltrip, dan juara 3 diraih oleh Universitas Telkom Bandung dengan aplikasi Show Up. Para pemenang mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah dan beasiswa dari Udinus. (*Humas/ning)
 

Last Update : 15 Juni 2021