OPTIMALISASI PERAN GASURKES DALAM PENANGGULANGAN TB PARU DI KOTA SEMARANG


Berbagai kerja sama yang dilaksanakan antara Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan berbagai instistusi, hendaknya terus dikembangkan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah kerja sama yang dijalin antara Fakultas Kesehatan (Fkes) Udinus dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk menganggulangi Tubercolosis (Tb).
 
Selain berbagai pelatihan dan terjun langsung ke masyarakat, informasi tentang Tb ini juga terus diperbaharui. Seperti pelatihan yang dilaksanakan pada Senin (19/2/2018) lalu, diantaranya metode case finding, media Komunikasi Informasi dan edukasi serta Geographic Information System (GIS). Laboratorium Komputer Udinus di gedung D lantai 2 dipenuhi 36 orang petugas surveilans kesehatan (gasurkes). Pelatihan ini untuk untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan gasurkes dalam memanfaatkan teknologi informasi. Khususnya  dalam penanggulangan kasus Tb Paru di Semarang.
 
 
 
Pelatihan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang digelar oleh tim Fkes Udinus, untuk ikut menyukseskan penanggulangan Tb di Kota Semarang. Menurut survey yang dilakukan Dinas Kesehatan kota Semarang, sudah 84% masyarakat telah datang ke dokter, klinik, maupun ke tempat-tempat pelayanan dalam penanganan masalah kesehatan. Untuk itu perlu dilakukan pelatihan bagi gasurkes yang melek pada teknologi. Selain pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh Fkes Udinus, beberapa waktu lalu mereka juga pernah melakukan Pertemuan Pengendalian Tuberkulosisi di Puskesmas Kecamatan Pedurungan Semarang. (*Humas/ning)

Last Update : 13 Juni 2021