FEB UDINUS BEKALI MAHASISWANYA DENGAN MYOB


Setelah 2 tahun lalu ditandatangani MOU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan PT Net21Plus, kegiatan uji kualifikasi MYOB selalu diadakan rutin bagi mahasiswa S1 Akuntansi. Belum lama (10/2/2018) ini digelar pelatihan sekaligus sertifikasi MYOB untuk mahasiswa yang mengambill mata kuliah komputer akuntansi dan mahasiswa akuntansi di lingkungan FEB Udinus.
 
 
 
MYOB  sendiri adalah aplikasi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembukuan keuangan, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menghasilkan suatu laporan keuangan. MYOB cukup banyak digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia.
 
“Untuk pelatihannya sendiri diberikan oleh pengampu mata kuliah Komputer Akuntansi, sedangkan untuk sertifikasinya bekerja sama dengan PT Net21Plus,” ungkap Ririh Dian Pratiwi.
 
 
 
Uji kompetensi dilakukan selama 2 jam dengan didampingi seorang profesional trainer. Uji kualifikasi kompetensi MYOB ini merupakan sertifikasi MYOB level basic. Terdapat 3 tahap sertifikasi level MYOB, yakni basic, intermediate, dan level lanjut. “Biasanya level lanjut diikuti oleh dosen,” jelas Ririh.
 
Sebelum melakukan uji kualifikasi kompetensi, peserta mengikuti pelatihan terlebih dahulu selama 4 hari. Pelatihan dan ujian merupakan satu paket yang diterima peserta yang mendaftar.
 
 
 
Mahasiswa dapat mempelajari setup data perusahaan, mulai dari utang piutang, persediaan, input transaksi, hingga laporan keuangan perusahaan. “MYOB ini penting, karena selain sangat berguna di dunia kerja, juga merupakan salah satu syarat kelulusan yang diterapkan di FEB Udinus,” tutup Ririh. (*Humas/ning)a

Last Update : 18 September 2021