MERIAHNYA PANGGUNG UTAMA DINUSFEST 2018


Mengangkat tema "Together We Achieve the Extraordinary”, Dinusfest 2018 diikuti oleh 4781 peserta dari SMA, SMK, dan MA se-Jawa Tengah dan Mahasiswa Udinus. Ajang kompetisi ini akan berlangsung selama 3 hari sejak Selasa s/d Kamis (23-25/01) mendatang bertempat di lingkungan Udinus.
 
Di hari pertama ini, panggung utama yang terletak di halaman gedung E, menggelar berbagai lomba diantaranya Dinus Photowalk, Karawitan, dan Tari. Dinus Photowalk sendiri diikuti oleh 58 mahasiswa Udinus dan 42 siswa SMA/SMK sederajat di Jawa Tengah dan sekitarnya. . Peserta dituntut untuk menangkap momen-momen terapik disekitar lokasi lomba DInusfest berlangsung, agar bisa meraih gelar juara. Dosen Desain Komunikasi Visual Maulana Muhammad, Pembimbing UKM Pers Mahasiswa Wartadinus Agus Triyono, dan alumni Wartadinus  Darma Putra didaulat menjadi juri penyeleksi. Pengumuman pemenang sendiri nantinya akan dipublikasikan tanggal 25 januari ini bertempat di Universitas Dian Nuswantoro.
 
Untuk lomba karawitan sendiri diikuti oleh 12 grup dimana masing-masing grup terdiri dari 17-20 siswa dari berbagai kota di Jawa Tengah dan sekitarnya. Peserta terjauh adalah dari Wonogiri dan Kartasura. Salah satu juri yang didapuk pada lomba karawitan ini adalah Prof Dr Supriadi Rustad, MSi, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik. “Inilah cara Udinus tetap melestarikan budaya Jawa, ditengah gaya milenial anak masa kini,” ujar Supriadi.
Lomba karawitan ini menobatkan SMAN 1 Wonogiri sebagai juara 1, disusul SMAN 1 Kartasura sebagai juara kedua, dan juara ketiga diraih oleh SMK Cendekia Lasem.
 
Sejak siang hingga sore hari, panggung utama Dinusfest 2018 disemarakkan oleh 12 peserta dari SMA/SMK sederajat se-Jawa Tengah untuk mengikuti lomba tari tradisional. Mereka membawakan berbagai macam tarian, diantaranya Tari Denok Semarang, Warak Dugder, Lenggasor, Sesonderan, Juriting Wanito, dan lain-lain. “Kriteria penilaianya antara lain dari kesesuaian tema yang diangkat dan kreasi tari yang sudah dimodifikasi, ” ujar Wiyanto selaku juri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
 
 
Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Dinusfest 2018 ini diisi dengan berbagai macam lomba. Ada 39 lomba untuk mengembangkan bakat siswa dan mahasiswa Udinus diantaranya adalah Robotik, Cerpen, Baca Puisi, Batik, Badminton, Futsal, Paskibra, Volley, Tari, Rebana, dan lain sebagainya. Ribuan peserta memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan beasiswa kuliah. (*Humas/WartaDinus)
 

Last Update : 25 September 2021