UDINUS SAMBUT PESERTA HACKSPRINT KOMINFO


Mendukung program pemerintah untuk mengembangkan serta meningkatkan nilai e-commerce di Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada Sabtu (20/1) 2018 lalu menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital wilayah Semarang.
 
 
 
Bertempat di Gedung D Lantai 1, pelaksanaan kegiatan ini disambut oleh Kepala Biro Kerjasama Udinus, Usman Sudibyo, S.Si, M.Kom. “Karena Udinus merupakan kampus yang berbasis IT, tentunya sangat menyambut gembira dengan dilaksanakan even ini. Semoga bisa terlahir startup ternbaik dari kota Semarang ini, agar bisa memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia,” ungkap Usman dalam sambutannya.
 
 
 
Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) penyelenggara acara ini memang terus mendorong perkembangan industri digital di negara kira. Bahkan, ditargetkan nilai e-commerce pada tahun 2020 agar tercapai hingga Rp130 Milliar. Terdapat lima tahapan sistematis dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini. Diantaranya Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp, dan Inkubasi. Kegiatan yang dilaksanakan di Udinus ini telah memasuki tahap Hackathon, yang disebut Hacksprint. Di Semarang sendiri menyisakan 15 tim yang lolos hingga di tahap ini. 1 tim akan terdiri dari designer, developer, dan marketer, dimana mereka akan membuat prototype product startup mereka. “Kami sampaikan selamat untuk kalian yang sudah memasuki tahap hacksprint ini. Seperti diketahui, butuh waktu 6 bulan untuk mengikuti serangkaian kegiatan ini. Masih ada 4 bulan kedepan yang harus ditempuh, kami harap akan ada minimal 10 tim dari Semarang yang akan berkontribusi di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini,” papar Sonny Hendra Sudaryana, Kepala Seksi Penerapan Pemberdayaan Teknologi dan Infrastruktur Kemkominfo RI.
 
 
 
50-an peserta ini terbagi menjadi 15 tim, yang mengikuti pelaksanaan hacksprint selama dua hari, dari Sabtu hingga Minggu (21/12) 2018. Selama dua hari, mereka akan mendapat pelatihan pembuatan startup untuk produk. Di akhir kegiatan akan ada proses penjurian untuk mencari ide terbaik dari seluruh tim. Rangkaian Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital ini dilaksanakan di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja, Semarang, Malang, Medan, Pontianak, Makasar, Denpasar. (*Humas/ning)

Last Update : 25 September 2021