FIB UDINUS PERSEMBAHKAN SANGKURIANG BERBAHASA INGGRIS


Setelah sukses mengggelar pagelaran drama sejak 2 tahun lalu, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjajal kembali kemampuan mahasiswanya. Mengangkat drama legenda dari Jawa Barat The Legend of Tangkuban Perahu “Sangkuriang”, mahasiswa dari program studi Inggris FIB Udinus ini menyuguhkan pementasan drama layaknya pagelaran teater profesional.
 
 
 
“Setelah Glass Menageria dan Oedipus Rex kami pentaskan dua tahun berturut-turut lalu, kini kami memilih cerita legenda dari Indonesia untuk mengasah kemampuan speaking, culturepreneurship, dan pronounciation drills para mahasiswa kelompok Hemingway Squad,” terang Haryati Sulistyorini, SS, M.Hum, dosen pembimbing di pagelaran ini.
 
Drama yang berdurasi kurang lebih 90 menit dengan total pendukung sekitar 50 mahasiswa ini dikemas layaknya pagelaran teater profesional. Disutradarai oleh Muhammad Arif Nurdiansyah, pagelaran ini melibatkan puluhan kru dari mahasiswa FIB yang dibantu oleh Teater Kaplink Udinus. Keseluruhan dialog berbahasa Inggris, berkostum sesuai latar belakang cerita para mahasiswa ini tampil all out di setiap adegan. “Kami mengajak para penikmat drama ini untuk berwisata sastra alam Jawa Barat yang dipadu dengan hibriditas sastra Inggris,” tambah Sulistyorini.
 
 
 
Keutuhan drama ini didukung juga oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Kaplink untuk tata panggung dan artistik serta Paduan Suara Gita Dian Nuswa untuk kostumnya. Persiapan yang dilakukan kurang lebih enam bulan ini untuk mendukung kesesuaian mata kuliah English Drama Appreciation bagi mereka mahasiswa semester 5.
 
 
 
“Kami persembahkan yg terbaik untuk penonton yang datang dalam pagelaran drama berbahasa Inggris ini, salah satu alternatif untuk mengasah langsung kemampuan mahasiswa,” tutur Agus Triyono, Msi selaku Kahumas Udinus. (*Humas/ning)

Last Update : 19 Juni 2021