PERINGATAN HAS DARI UKM RUMAH SAHABAT UDINUS


“Menyuarakan suara untuk merangkul Orang Dengan HIV/ADIS (ODHA) tanpa adanya diskriminasi,”itulah pesan tersirat yang disampaikan melalui orasi pada hari Minggu (10/12) 2017 di acara CFD kawasan Simpang Lima Semarang.

 
 
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh UKM Rumah Sahabat Udinus untuk memperingati Hari Aids Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember. Acara yang dimulai pada pukul 06.00 WIB yang dibuka dengan sambutan oleh pembina UKM Rumah Sahabat Ibu Kismi Mubarokah, SKM, M.Kes  dan ketua pelaksana Hermin Astarini. “Adanya sikap diskriminasi serta kurangnya kepedulian masyarakat yang kurang terhadap ODHA mendorong anak UKM Rumah Sahabat Udinus tergerak menyuarakan untuk aksi “Take Action, No. Discrimination terhadap PDHA,” jelas Kismi Mubarokah.
 
 
 
Peringatan HAS diawali dengan orasi mengelilingi alun-alun kawasan simpang lima dengan menyerukan bahwa kalimat “ODHA adalah teman, Take action no discrimination”. Dimeriahkan pula dengan adanya cosplay dari anggota rumah sahabat diantaranya berperan sebagai virus HIV, ibu hamil yang menjadi korban virus HIV, anak nakal yang terinfeksi virus HIV, ODHA atau orang dengan HIV/AIDS, malaikat serta iblis yang masing-masing berkaitan dengan tersebarnya virus HIV.
 
 
 
Orasi tersebut disertai dengan pembagian stiker,buletin dan sticky note yang berisikan harapan masyarakat untuk ODHA dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang HIV/AIDS.Orasi berjalan dengan lancar dan diterima oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari respon mereka terhadap acara ini, dimana mereka memiliki antusias yang cukup tinggi. Puncak kemeriahan sekaligus penutupan acara ketika semua anggota UKM Rumah Sahabat, UKM Gerhana, UKM Peduli Napza, UKM Gema, UKM An-Niswa melakukan Dance 4  Life di depan Gedung Pramuka JL. Pahlawan. Dance 4 Life itu sendiri merupakan dance yang diperuntukkan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada para ODHA. (*Humas/UKM Rumah Sahabat)

Last Update : 25 September 2021