PT TELKOM AKAN FASILITASI MADHANG.ID DARI UDINUS


PT Telkom Indonesia terus melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Usaha Kecil dan Menengah binaan. Salah satunya adalah Start Up ‘madhang.id’ karya tim pengembang dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang dirintis bersama Kaesang Pangarep.
 
 
 
Pada (06/12) 2017 lalu, Udinus telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT. Telkom bersamaan dengan prosesi wisuda ke-61 di Grand Rama Convention Hall Patra Hotel. Sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Nomor : 369/F.9/UDN-01/XII/2017 tersebut, hari ini Jum’at (15/12), Executive Vice President (EVP) Business Service PT Telkom Tri Gunadi menyambangi Udinus. Kedatangannya ke Udinus adalah guna membahas tentang sinergi kewirausahaan dan industri digital telekomunikasi sesuai dengan MoU tersebut. “Kita cari apa yang bisa kita sinergikan dengan Udinus terkait program kami untuk memajukan UMKM di Indonesia, kebetulan sudah ada payung hukum dalam MoU kemarin,” jelas Tri Gunadi. Divisi Business Service PT. Telkom sudah menjalankan sebagian program kerjanya diantaranya kampung digital dan smart business. Sekitar 400 lebih UKM yang terdaftar dalam smart business belum memanfaatkan teknologi digital. Pendampingan Telkom di era bisnis digital ini berupa go modern, go digital dan go online yakni sejak mulai dari sistem produksi , pencatatan hingga cara memperluas pasar.
 
 
 
‘Madhang.id merupakan sebuah terobosan yang bisa mengangkat UKM dibidang kuliner. ‘Madhang.id’ bertujuan menaikkan pamor masakan rumahan supaya tidak kalah bersaing dengan makanan cepat saji dan restoran modern yang kian merebak. Konsep yang diusung ‘madhang.id’ adalah menjadi perantara antara user atau pelanggan dengan tenant yang tergabung. Hasil riset tim pengembang menemukan fakta bahwa makanan terlezat yang kerap kali dirindukan banyak orang adalah masakan khas rumahan ibu masing-masing. Oleh sebab itu, tenant yang bergabung diprioritaskan ibu rumah tangga yang memiliki dapur, ponsel pintar dan bersedia menyiapkan tempat untuk makan para user karena aplikasi ini menyediakan fitur makan ditempat. Jadi user betul-betul bisa merasakan suasana makan dirumah. ‘Madhang.id’ juga menyediakan beberapa fasilitas pembayaran yakni cash atau ‘mangpi’ (madhang pay). “‘Madhang.id ini bisa menjadi percontohan untuk UKM binaan PT Telkom lainnya sebagai UKM yang memanfaatkan teknologi digital,” tutur Rektor Udinus Prof. Dr Ir Edi Noersasongko M.Kom.
 
 
 
“Setiap mahasiswa dari semua jurusan wajib menempuh mata kuliah kewirausahaan,” ungkap Edi. Sesuai visi kampus yakni Menjadi Universitas pilihan utama di bidang pendidikan dan kewirausahaan, Udinus berkomitmen mencetak pengusaha-pengusaha muda yang bisa mengurangi angka pengangguran. (*Humas/mey)

Last Update : 15 Juni 2021