WARTA DINUS PELOPORI PAMERAN JURNALISTIK


Melihat geliat Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang semakin marak di kota Semarang, membuat banyak karya yang dihasilkan dari mahasiswa pecinta dunia jurnalistik ini . Tidak karya tulis saja yang berasal dari berbagai LPM ini, tapi juga karya fotografi, videografi, serta poster. Peluang inilah yang mencoba ditangkap oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) “Warta Dinus”.
 
 
 
Warta Dinus ingin menampilkan karya-karya yang telah dibuat oleh 32 LPM yang ada di kota Semarang melalui pameran jurnalistik, yang digelar Senin-Selasa (4-5/12) ini. “Pameran Jurnalistik yang bertajuk Pahlawan Anti Narkoba ini sengaja digelar oleh Warta Dinus. Selain karena memang program kerja (proker) tahunan, kami juga ingin menampilan karya-karya jurnalistik dari LPM se-Kota Semarang,” tutur Alya Novinda, Ketua Pelaksana Pameran.
 
 
 
Dari 32 LPM yang diundang untuk mengirimkan karya mereka, terdapat 15 LPM yang berpastisipasi di acara ini. Total karya yang ditampilkan di galeri DKV gedung H Udinus adalah  45 karya.  Terdiri dari 15 karya fotografi, 10 karya tulis berupa puisi, cerpen dan tajuk, 5 videografi, dan 5 poster. Mengambil tagline “Perangi Perusak Generasi Bangsa”, pameran ini ingin mengajak remaja untuk terus memerangi penjajah bangsa yang berbalut bentuk baru, yakni narkoba. “Terlebih Udinus ini sudah dinobatkan sebagai Kampus Anti Narkoba, selain itu belum lama ini juga diperingati sebagai hari Pahlawan. Kami ingin narkoba menjadi perhatian bagi generasi muda,” tambah Alya.
 
 
 
Selain memajang karya, Pameran Jurnalistik Udinus ini juga menyediakan booth live report. Dimana para pengunjung dapat mencoba kemampuan mereka menjadi jurnalis di depan kamera. Mentargetkan ratusan pengunjung selama 2 hari ini, karya yang ditampilkan pun sudah lolos seleksi dari tim Warta Dinus yang terdiri dari divisi fotografi, senior-senior Warta Dinus yang kini sudah menjadi jurnalis di berbagai media mainstream, serta Pembina UKM Pers Kampus “Warta Dinus” sendiri. “Harapan kami pameran jurnalistik ini dapat menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan UKM Pers Kampus “Warta Dinus”. Sehingga aktifitas dan karya mereka dapat terekam dan dinikmati oleh semua pihak pemerhati dunia Pers Kampus,” tandas Agus Triyono, MSi selaku Pembina Pers Kampus “Warta Dinus” sekaligus Humas Udinus. (*Humas/ning) 

Last Update : 24 Juni 2021