61 PERGURUAN TINGGI IKUTI STUDIUM GENERAL KEWIRAUSAHAN DI UDINUS


“Kewirausahaan merupakan suatu bidang ilmu yang harus dikenalkan, didalami dan dijiwai oleh para generasi muda. Karena saat daya saing bangsa Indonesia dalam level rendah, jiwa kewirausahaan inilah yang akan meningkatkan daya saing kita dengan negara lain,” ungkap Dr. Didin Wahidin, M.Pd, Ditjen Belmawa Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, di Aula Gedung E lantai 3 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Sabtu lalu (18/11).
 
 
 
Kehadiran beliau di Udinus adalah untuk memberikan kuliah umum sekaligus membuka acara Studium General Kewirausahaan bagi 61 Perguruan Tinggi Swasta se-Kopertis Wilayah VI. Selain dihadiri 400an mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah, acara tersebut dibuka oleh Dr. Didin Wahidin M.Pd, Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko M.Kom Rektor Udinus, dan Sumarno selaku Kasub Bidang Kemahasiswaan Kopertis Wilayah VI.
 
Didin Wahidin menambahkan bahwa jiwa kewirausahaan juga harus ditumbuhkan dengan diberikan pemicu. Yang nantinya bisa dijadikan habit sehingga menular hingga ke semua generasi muda. “Persaingan dunia kini semakin ketat, apalagi kita sudah memasuki MEA. Di Indonesia tersedia Sumber Daya Manusia dan Alam, namun masyarakat kita banyak yang belum bisa mengolah. Jika ingin bersaing secara kompetitif, harus menambah pendidikan dan pelatihan yang lebih kompeten serta membangun kepercayaan diri,” tambah Didin.
 
                                   
 
Kuliah umum yang diikuti oleh Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ini juga diberikan sosialisasi KMI se-Kopertis Wilayah VI. Dalam acara tersebut, peserta yang hadis juga dibekali dengan seminar yang menghadirkan pembicara Prof Edi Noersasongko, Prof Ali Agus, serta Surfa Yondri ST, SST, M.Kom.
 
“Seiring perkembangan jaman, konsep berbisnis juga mengalami transformasi. Hal inilah yang harus dicermati generasi muda. Saat ini berwirausaha itu harus dirancang untuk bisa tumbuh dengan cepat, dibuat dengan pola investasi yang berbeda, serta merancang exit strategy,” papar Edi Noersasongko dalam paparannya di depan peserta seminar.
 

Berinvestasi sejak dini juga termasuk dalam kategori investasi dalam hal skill, pelajari lebih lanjut lebih lanjut Pentingnya Berinvestasi Saham

Selain seminar, juga dipamerkan beberapa usaha kewirausahaan mahasiswa yang dibina oleh Enterprerenurship Center Udinus. Diantaranya Escho, Doscom, Afterbeach Seafood, Kanca Wooden, dan lain-lain. (*Humas/ning)

Last Update : 19 Juni 2021