FIB UDINUS SOSIALISASIKAN MAGANG DI LUAR NEGERI


Orientasi untuk melebarkan sayap setelah lulus kuliah, harusnya sudah dimotivasi sebelum para lulusan meninggalkan almamaternya. Tidak hanya untuk mengembangkan karir di dalam negeri saja, namun juga ke luar negeri agar makin sejalan dengan penerapan program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 
 
 
Jumat (6/10) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan sosialisasi magang ke luar negeri untuk para mahasiswa semester 7. Sosialisasi ini bekerjasama dengan Jepang Indonesia Program Akademik (JIPA) yang diadakan di Gedung G lantai 3 Udinus. “Kerjasama ini telah lama dijalin antara Udinus dengan JIPA. Pada tahun 2016 lalu, sudah ada 3 orang mahasiswa Sastra Jepang yang kami kirimkan ke Jepang untuk magang di beberapa perusahaan terkait. Dan tahun ini akan kami kirimkan 5 orang mahasiswa dari program studi yang sama,” ungkap Tri Mulyani Wahyuningsih, SS, M.Hum selaku Ketua Program Studi Sastra Jepang FIB Udinus.
 
 
 
Dari JIPA sendiri banyak memfasilitasi program magang untuk perhotelan dari berbagai posisi. Mulai dari house keeping, cook helper, bell boy, hingga receptionist. Pada saat yang sama, sedang dilakukan juga wawancara oleh 5 orang yang akan magang di Jepang melalui aplikasi skype. “Wawancara jarak jauh dengan perusahaan dari Jepang ini dilakukan melalui skype, setelah merek lolos tahap wawancara lokal dengan pihak JIPA. Jika tahap wawancara dengan perusahaan lolos, setelah proses eligibility dari Jepang terpenuhi, maka mereka akan segera diberangkatkan ke Jepang,” tambah Tri Mulyani.
 
 
 
Selain mayoritas mahasiswa semester 7 Sastra Jepang yang mengikuti sosialisasi ini, mahasiswa Manajemen Perhotelan (Manahot) FIB Udinus juga tak kalah antusias menerima penjelasan dari JIPA. Saat ini mahasiswa Manahot sedang menjalani pengajaran untuk semester 5, dimana mereka harus menjalani magang di hotel-hotel dalam negeri. R. Arief Nugroho, SS., M.Hum Kaprogdi Manajemen Perhotelan mengungkapkan pada semester 7 nanti, mahasisw tersebut baru akan diarahkan untuk magang ke luar negeri. “Sosialisasi ini akan sangat berguna untuk yang akan mengambil magang di luar negeri di semester 7 nanti. Sehingga masih ada 2 semester untuk lebih memperdalam kemampuan berbahasa Jepang,” ungkapnya. (*Humas/ning)
 
 
 
 
 
MAGANG : Beberapa mahasiswa Sastra Jepang FIB Udinus sedang melakukan wawancara jarak jauh melalui skype dengan perusahaan yang akan menjadi tempat magang mereka selama 6 bulan kedepan. Foto : Nining Sekar.

Last Update : 19 September 2021