UDINUS AJAK TANGKIS BERITA HOAX DENGAN KONTEN POSITIF


80 mahasiswa D3 Broadcasting Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dari berbagai angkatan menerima materi seminar tentang “Strategi  Komunikasi di Tengah Maraknya Berita Hoax” pada Kamis (14/09) lalu di ruang rapat gedung H lantai 1 kampus Udinus. Seminar ini diselenggarakan oleh Humas Udinus yang bekerja sama dengan PT Smartfren Telecom, Tbk.
 
 
 
Seno Pramuadji Head of Community Development & CSR PT Smartfren Telecom, Tbk menjadi pengisi dalam seminar tersebut. Dia menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sangat mudah terpengaruh dengan berita hoax. Tidak lain pemicunya adalah karena emosi masyarakat kita yang mudah tersulut dengan konten berita yang sedikit sentimental. Hal tersebut bisa menguntungkan beberapa pihak dengan cara culas. Industri ujaran kebencian yang kian marak dilakukan ini adalah demi kepentingan politik, penjualan produk, atau memecah belah kelompok tertentu.
 
 
 
 “Klik share yang kita lakukan tanpa sadar di akun media sosial bisa merugikan pihak lain,” tegas Seno. Ada ciri khusus untuk mengetahui apakah berita yang kita itu termasuk berita hoax atau bukan. Salah satu cara sederhananya adalah dengan memeriksa akun yang membagikan berita tersebut. “Biasanya satu akun penyebar ujaran kebencian memiliki pola yang sama dalam setiap postingannya. Foto yang digunakan merupakan foto lama dengan resolusi jelek,” tambah Seno. Ada beberapa upaya khusus untuk memeriksa kebenaran suatu berita salah satunya seperti menggunakan aplikasi Turnbackhoax yang menyediakan database berita hoax yang telah dilaporkan. Penyebaran konten positif secara aktif juga bisa melawan berkembangnya industri ujaran kebencian.Sebagai generasi muda kita harus waspada. Jangan turut memperkeruh keadaan dengan sembarangan klik share,” pungkas Seno
 
 
 
Agus Triyono S.Sos., Msi selaku kepala Humas Udinus mengatakan materi tersebut dipilih untuk mengedukasi mahasiswa agar bijak membagikan konten berita di media sosial. “Harapan saya acara seperti ini terus berkelanjutan dengan tema-tema menarik lainnya” tuturnya. (*Humas/mey)
 
 
 
TANGKIS HOAX : Seno Pramuadji, Head of Community Development & CSR PT Smartfren (kanan) memberikan kenang-kenangan pada Humas Udinus Agus Triyono, M.Si (kiri) setelah pelaksanaan seminar mengenai hoax di Gedung H Lantai 1 beberapa waktu lalu. Foto : Meyta Adelianah. 

Last Update : 27 September 2021