UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-72 DI UDINUS


Pada Kamis (17/08) kemarin, hampir seluruh institusi dan kantor-kantor di pemerintahan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-72. Hal yang sama juga dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. Udinus menggelar upacara bendera di halaman gedung G. Upacara bendera diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh civitas akademika Udinus, Polsek Semarang Tengah, Kecamatan Semarang Tengah, dan Kelurahan se-Kecamatan Semarang Tengah.
 
 
 
Dalam amanat inspektur upacara, Rektor Udinus Prof. Dr. Ir Edi Noersasongko M.Kom mengenang kunjungannya ke Belanda beberapa tahun silam. Ia mengagumi penggunaan teknologi di negeri kincir angin tersebut. “Indonesia bisa dijajah Belanda hingga 350 tahun lamanya, tidak lain dan tidak bukan adalah karena mereka sudah menggunakan teknologi sejak berabad-abad tahun yang lalu,” tutur Edi. Metode pembangunann tanggul di Belanda sudah berkembang sejak berabad-abad yang lalu karena sepertiga wilayah di Belanda berada dibawah permukaan air laut. Kondisi yang sangat berbalik dengan Indonesia di masa itu. “Indonesia masih harus banyak belajar untuk mengejar ketertinggalan tersebut,” tambah Profesor bidang ilmu Technopreneur Management itu.
 
 
 
Ketua baru dari 19 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan 54 Organisasi Mahasiswa (Ormawa) baik ditingkat Universitas maupun ditingkat fakultas resmi dilantik oleh rektor Udinus dalam upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-72 tersebut. Udinus juga mengumumkan pemenang lomba antar karyawan dan dosen Udinus yang sudah digelar 2 minggu sebelumnya. Berbagai lomba khas kemerdekaan dilaksanakan untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan seperti Voli buta, Voli air, Estafet bakiak, Estafet Egrang, Futsal, Estafet Air Gayung, Memasukkan pensil ke dalam botol dan lain sebagainya. “Lomba-lomba khas kemerdekaan ini merupakan agenda tahunan bagi Udinus untuk menyemarakkan peringatan 17 Agustus. Kebetulan tahun ini saya dipercaya sebagai ketua panitia 17-san” ujar Dr. Drs. Jumanto M.Pd. (*Humas/mey)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Suasana pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Tim Paskibraka Udinus saat peringatan HUT RI Ke-72 di halaman kampus Jl Imam Bonjol No.207, Kamis (17/8) lalu. Rektor Udinus bertindak selaku inspektur upacara. Upacara peringatan hari kemerdekaan RI di Udinus ini dihadiri ratusan peserta dari seluruh civitas akademika Udinus, Polsek Semarang Tengah, Kecamatan Semarang Tengah, dan Kelurahan se-Kecamatan Semarang Tengah. Foto : Nining Sekar. 

Last Update : 16 Juni 2021