UDINUS SERAHKAN HIBAH SMK POLRI-ONLINE PADA POLRI


Satu lagi terobosan dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus dalam menguatkan positioningnya sebagai kampus IT terbaik di Jawa Tengah dengan akreditasi A. Jumat (28/7) kemarin, Udinus dan Polisi Republik Indonesia (Polri) melakukan kerjasama dalam bidang teknologi. Udinus menghibahkan hasil penelitian untuk diterapkan pada aplikasi memantau kinerja anggota kepolisian.
 
Digelar di aula gedung E Udinus, serah terima hibah Sistem Manajemen Kinerja (SMK) Polri-Online itu dilakukan oleh Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M.Kom kepada Asisten Sumber Daya Manusia Mabes Polri, Irjen Pol Arief Sulistyanto.
 
Dalam sambutannya Prof Edi memaparkan bahwa sudah seharusnya perguruan tinggi melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya SMK Polri-Online ini. “Dalam penelitian ini dosen melibatkan mahasiswa. Udinus juga sudah melakukan kerjasama dengan pemerintahan, diantaranya Pemkot Semarang, PIP, dan Polri. Bahkan 4 tahun berturu-turut Udinus menjadi tempat Tes Penerimaan Akpol. Ini merupakan bukti bahwa kualitas Udinus tidak diragukan lagi,” papar Prof. Edi. 
SMK Polri-Online ini sudah melalui penelitian yang dilakukan selama 1,5 tahun. Berawal dari pihak Polri yang mengutarakan pada Udinus mengenai sistem yang diinginkan, untuk kemudian dibuatkan prototype dan observasi penilaian yang ada di Polri. "Kami dengan senang hati menyerahkan hasil penelitian ini, dan Polri menjadi lebih professional dan dekat dengan masyarakat," tambah Edi.
 
Sistem ini akan membantu Polri dalam melakukan penilaian kinerja anggotanya. Adapun pemantauan penilaian dari sistem tersebut akan dapat diketahui oleh anggota yang dinilai maupun pejabat penilai. Hasil penilaian ini nantinya akan menjadi acuan karir anggota Polri, baik prestasi maupun pelanggaran yang didata sesuai keakuratan data.
 
Arief Sulistyo menjelaskan dengan hibah SMK Polri-Online, maka sistem yang sudah ada akan diperbaiki. “Pengembangannya pun nantinya akan tetap menggandeng Udinus sebagai pencipta program. Ini merupakan terobosan bagi Polri, agar dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, serta mewujudkan visi misi Kapolri dalam membenahi pengelolaan SDM Polri,” tuturnya. 
 
Uji coba akan dimulai 15 Agustus 2017 mendatang. Selama 3 bulan akan dilakukan evaluasi untuk pengembangan dan memperbaiki jika ada kekurangan dalam program.Dalam acara hibah SMK Polri-Online tersebut turut hadir sejumlah pejabat Udinus dan Polda Jateng termasuk Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dan Kapolres se eks-Polwiltabes Semarang. (*Humas/ning)
 
 
UDINUS – POLRI : Seluruh jajaran pejabat Udinus – Polri berfoto bersama setelah serah terima hibah Sistem Manajemen Kinerja (SMK) Polri-Online Kerjasama Udinus-Polri pada Jumat (28/7) kemarin. Foto : Nining Sekar.

Last Update : 26 September 2021