UDINUS GENCARKAN SOSIALISASI BAHAYA NARKOBA UNTUK PENCEGAHAN


Sebagai kampus bebas narkoba pertama di Jawa Tengah, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus meningkatkan pengawasan dan pencegahan masuknya narkotika di kawasan kampus. Sejak kemarin hingga hari ini, Selasa (6/6), Aula gedung E lantai 3 kampus Udinus dipadati mahasiswa yang menempuh mata kuliah umum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN). Ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan tersebut mengikuti sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Tengah
 
Hingga akhir tahun 2016, pengguna narkoba di Jawa Tengah mencapai angka lima ratus ribu pengguna atau setara dengan 1,96 persen dari jumlah penduduk yang ada di provinsi tersebut. Mirisnya, sebanyak 27 persen pengguna dari jumlah tersebut adalah usia remaja. Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Jawa Tengah , Jamaludin Makruf mengatakan pentingnya sosialisasi semacam ini untuk remaja dan mahasiswa adalah guna menampis merebaknya peredaran narkotika dikalangan remaja. “Mahasiswa perlu mengetahui jenis-jenis narkoba dan bentuknya supaya bisa menolak ketika ditawari benda mencurigakan oleh temannya,” ujar Jamal. Biasanya narkotika ditawarkan pertama kali oleh orang yang dikenal atau orang yang dekat.
 
Penyuluhan tersebut dilakukan oleh Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Jawa Tengah Jamaludin Makruf beserta dua orang penyuluh yakni Sutriyaningsih dan Jati. Kepala Biro Kerjasama Udinus Usman Sudibyo SSi., M.Kom mengatakan kegiatan sosialisasi semacam ini bukanlah yang pertama kali dilakukan di Udinus. “Sebagai kampus bebas narkoba, Udinus cukup sering didatangi pihak BNN guna cek urin secara acak bagi karyawan dan mahasiswa” ujar Usman Sudibyo. Udinus masuk nominasi kampus bebas narkoba yang mendukung Indonesia memberantas narkoba dan akan mendapatkan penghargaan langsung dari presiden RI. (*humas)
 
 
PENCEGAHAN : Berbagai pencegahan bahaya narkoba dilakukan Udinus untuk ikut membantu pelaksanaan P4GN di kampus. Kepala Seksi Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan BNN Jateng memberikan sosialisasi penyalahgunaan narkoba di Aula Udinus pada Senin-Selasa (5-6/6). Foto : Meyta Adelianah. 

Last Update : 14 Juni 2021