PEMERIKSAAN UJI AKADEMIK CASIS POLDA JATENG DI UDINUS


Memiliki fasilitas laboratorium komputer mumpuni, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) kembali memperoleh kepercayaan dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah sebagai tempat pemeriksaan Uji Akademik penerimaan Calon Siswa (Casis) Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Jateng 2017.  
 
Bertempat di gedung D kampus Udinus, sekitar 2000 Casis mengikuti tahap seleksi Uji Akademik Akpol. Tahap seleksi Uji Akademik dilaksanakan sejak Kamis hingga Minggu (25-28/5) lalu. Sejumlah wali Casis nampak menunggu putra-putri mereka disekitaran gedung Udinus sebab wilayah Uji Akademik harus steril dari intervensi siapapun termasuk orang tua Casis. Tahap Uji Akademik ini merupakan salah satu pemeriksaan dari sekian pemeriksaan yang dilakukan Polri dalam penerimaan Casis Akpol. Uji Akademik meliputi tes tertulis, tes wawancara dan tes praktik menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).  Usai mengikuti Uji Akademik, khusus Casis Bintara TI masih harus mengikuti tes Uji Akademik web aplikasi dan jaringan pada Minggu siang hingga Senin (28 s/d 29). Sekitar 240 Casis mengikuti seleksi Bintara TI. Selain pemeriksaan Uji Akademik, Casis harus mengikuti serangkaian tes seperti pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan (Rikkes), uji kesemaptaan jasmani, pemeriksaan psikologi dan serangkaian pemeriksaan lainnya.
 
Elkaf Rahmawan P. M.Kom koordinator pelaksana teknis lapangan Uji Akademik dari Udinus menyampaikan sementara ini hanya Polda Jateng, Polda Jatim dan pusat yang bisa melaksanakan pemeriksaan Uji Akademik menggunakan sistem CAT. Polda Jateng memilih Udinus karena fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki Udinus lebih mumpuni dari pada yang lain.  “Ketersediaan jumlah laboratorium komputer dan ruang ujian yang representatif disini membuat Udinus beberapa kali digunakan untuk seleksi Taruna Akpol dan seleksi pemerintah lainnya seperti seleksi aparatur desa April lalu.(*humas)
 
 
 
Foto : Dok. Instagram : penerimaan.polda.jateng

Last Update : 24 September 2021