UDINUS BERBAGI ILMU PADA UNRIYO


Perguruan Tinggi (PT) diharuskan meningkatkan mutu pendidikan supaya menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya. Setiap PT memiliki caranya sendiri dalam proses menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu dilakukan dengan berbagai cara seperti, peningkatan nilai akreditasi, peningkatan jumlah penelitian dosen dan kunjungan antar Perguruan Tinggi.

Dipercaya memiliki kompetensi dan kurikulum pendidikan lebih unggul, Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) menimba ilmu ke Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang pada Jum’at, (26/05). Kunjungan tersebut dilakukan oleh Fakultas Sastra dan Teknologi (FST) Unriyo dan diterima oleh Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Udinus. Dekan FST Unriyo Sri Hasta Mulyani, S.Kom, M.Kom mengharapkan hasil kunjungan ini dapat diimplementasikan di FST Unriyo nantinya. “Beberapa program yang disampaikan membuka cakrawala kami seperti KKI satu tahun di Udinus dan pemberian rapor pada pengajar misalnya.”

Program studi Teknik Informatika (TI) dan Sistem Informasi (SI) Udinus sudah terakreditasi A oleh BAN - PT tahun 2015 lalu. Oleh karenanya kualitas dan mutu pendidikannya tidak diragukan lagi. Hal ini menjadi alasan mengapa Unriyo memilih Udinus sebagai tempat studi banding. Selain sistem dan kurikulum pendidikan di kedua program studi tersebut, Unriyo juga menggali informasi mengenai Penjaminan Mutu internal Udinus dalam Kantor Penjaminan Mutu (KPM). Kepala Kontrol & Kualitas  KPM Nova Rijati SSi, M.Kom menambahkan, setiap pengajar di Udinus memiliki rapor yang menunjukkan kualitas dosen tersebut. “Ada 14 aspek penilaian di dalam rapor dosen tersebut dan bagi dosen dengan indeks prestasi rendah akan diberikan ekstra pelatihan,” tutur Nova.

Dekan FIK Udinus Dr Drs Abdul Syukur MM mengatakan kunjungan semacam ini kami anggap sebagai salah satu cara Udinus memperluas jaringan. “Barangkali kebelakangnya ada kerja sama yang dibentuk. Awalnya kan dari kunjungan-kunjungan semacam ini,” ujar Abdul Syukur. (*humas)

 

 

MENYIMAK : Perwakilan dari Unriyo sedang menyimak penjelasan dari Dekan FIK Udinus mengenai pelaksanaan pengajaran di Udinus, Jumat (26/5) kemarin. Foto : Meyta Adelianah.

Last Update : 27 September 2021