PSM GDN UDINUS GELAR CENDRATARA, SEBELUM BERTOLAK KE VIETNAM


Sebelum berangkat ke Vietnam International Concert Competition 2017, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gita Dian Nuswa (GDN) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggelar Pre-Competition Concert pada Sabtu (20/5) lalu di Aula Gedung E Lantai 3. Pagelaran ini merupakan konser menjelang keberangkatan mereka untuk mengikuti kompetisi paduan suara tingkat dunia di Vietnam pada 6 Juni 2017 mendatang.
 
 Pre konser yang diberi tajuk “Cendratara melody of paradise” merupakan penggalan kata dari Cendra yang berarti kemampuan mengekspresikan sesuatu, dan Tara yang berarti nusantara. Sehingga konser Cendratara ini diharapkan dapat mengekspresikan kembali lagu-lagu nusantara yang mulai jarang didengar masyarakat.
 
Konser yang dihadiri ratusan pengunjung yang berasal dari mahasiswa Udinus, orang tua mahasiswa, hingga dari luar Udinus, ini dibuka dengan penampilan E-gamelan, Dance From Udinus (DFU), serta penyerahan bendera Merah Putih pada ketua Kontingen PSM GDN Nike Permatasari dan bendera Udinus pada Ketua PSM GDN Lutfianda Kunanta, yang diberikan oleh Kabima Udinus Rindra Yusianto, S.Kom., MT.
 
“Penyerahan bendera ini adalah simbol semangat dari Udinus pada PSM GDN yang akan bertanding di Vietnam. Mereka berangkat dengan medali emas sebagai target utama, smeoga bisa kembali ke Indonesia dengan mengharumkan nama Udinus di kancah Internasional,” papar Rindra dalam sambutannya. 
 
Pagelaran konser ini diadakah dalam 2 sesi. Sesi pertama mempersembahkan lagu-lagu dari kategori Folklore, diantaranya Hela Rotan dari Maluku, Tari Indang dari Minangkabau, dan Luk-luk Lumbu dari Banyuwangi. Di sesi kedua, dipersembahkan 4 lagu dari kategori Mix Youth. Diantaranya Ilay Gandangan yang mengisahkan keagungan indahnya matahari, Ugo-ugo tentang kerinduan terhadap pasangan, Nawba Isbahan – Cantos de Boda yang menggambarkan persatuan agama dana acara pernikahan dalam adat Maroko Utara, serta ditutup oleh lagu Nyon-Nyon yang memperdengarkan bunyi-bunyian dari suara manusia. Berkolaborasi dengan konduktor Alfonso Andika Wiratma, konser Cendratara ini berakhir dengan tepuk tangan yang meriah dari seisi aula Udinus. (*humas)
 
 
 
 
 
CENDRATARA : Konser Cendratara yang digelar oleh PSM GDN pada Sabtu (20/5) lalu ingin mengekspresikan kembali lagu-lagu nusantara yang mulai jarang didengar masyarakat. Foto: Nining Sekar. 

Last Update : 25 September 2021