TES SELEKSI APARATUR DESA KABUPATEN SEMARANG DILAKSANAKAN DI UDINUS


Pemilihan aparatur desa saat ini tidak lagi dipilih secara langsung, melainkan melalui serangkain tahap seleksi ketat. Untuk menyelenggarakan seleksi tersebut, tim pemilihan aparatur desa Kabupaten Semarang bekerjasama dengan PT Dinustek.
 
Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dilaksanakan di Gedung H lantai 1 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) hari ini (21/04). MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Bidang Penelitian & Kerjasama Dr Pulung Nurtantio Andono,S.T, M.Kom dan ketua masing-masing tim pemilihan dari 46 desa. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Kabupaten Semarang Yosep Bambang Trihardjono mengaku sangat percaya dengan kualitas Udinus karena sudah dipercaya pemerintah memegang sistem seleksi penerimaan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2015 lalu. “Kami harus melayani 208 desa, jadi harus menggunakan sistem yang se-efektif dan se-efisien mungkin. Dan saya tidak ragu lagi dengan Udinus,” ujar Yosep dalam sambutannya.
 
Yosep menjelaskan tujuan seleksi ini adalah supaya posisi aparatur desa tidak ditempati oleh sembarang orang. Aparatur desa harus memiliki kompetensi yang memadai dan mengikuti perkembangan teknologi terkini. 
 
Seleksi aparatur desa Kabupaten Semarang dilaksanakan pada 29 April hingga 1 Mei 2017 mendatang. Dalam seleksi tersebut terdapat tes tertulis secara serentak kemudian ujian komputer dan tahap wawancara. “Hasil ujian akan diumumkan maksimal 1 kali 24 jam,” jelas Direktur PT Dinustek Mohamad Sidiq. Untuk mempersingkat waktu tes, peserta diwajibkan sudah memiliki alamat email dan tidak datang terlambat. Peserta yang akan mengikuti tes di Udinus adalah sebanyak 1.021 peserta dari 49 desa di 5 kecamatan. Kecamatan yang akan mengikuti tes seleksi di Gedung D kampus Udinus adalah Bergas, Jambu, Getasan, Suruh, dan Ambarawa.
 
 
PENANDATANGANAN : Wakil Rektor IV Udinus menandatangani MoU dengan perwakilan dari tim 46 desa di Kabupaten Semarang untuk bekerjasama dalam seleksi aparatur desa, dengan disaksikan oleh Rektor Udinus dan Kepala Bapermasdes, hari ini (21/04). Foto : Meyta Adelianah.

Last Update : 15 Juni 2021