UDINUS WAKILI JATENG KE MAWAPRES TINGKAT NASIONAL


Usai menjalani proses seleksi yang ketat, Kurniaji  Wahid Solihin berhasil keluar sebagai juara 2 di ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) VI Wilayah Jawa Tengah pada Selasa (18/04) lalu. Kurniaji merupakan mahasiswa Teknik Industri Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.
 
Dalam seleksi tingkat kopertis VI, terdapat 4 aspek utama penilaian yakni nilai IPK, kemampuan berbahasa Inggris, pembuatan karya ilmiah dan prestasi yang telah diraih termasuk penulisan jurnal maupun buku. Kurniaji mewakili kampus Udinus bersaing dengan 18 Perguruan Tinggi lainnya mengikuti seleksi tersebut. “untuk saat ini sudah ada 2 buku, 2 jurnal dan 1 konferensi internasional. Semua penulisan tersebut adalah kerjasama dengan dosen-dosen Fakultas Teknik” jelas Kurniaji ketika ditanya total publikasinya. Selain jumlah publikasi penelitian dan nilai IPK , Kurniaji juga pernah meraih prestasi internasional yakni medali Emas pada kejuaraan Asean Skills Competition Ke-11 pada  tahun 2016 dalam kategori Mechanical Engineering Design (MED) di Kuala Lumpur Malaysia. Prestasi ini juga menjadi nilai tambah baginya.
 
Menyandang predikat prestisius Mawapres merupakan keinginan bagi setiap mahasiswa. Program tahunan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) ini menyeleksi ratusan bahkan ribuan mahasiswa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik dari seluruh penjuru negeri. Kurniaji beserta 5 mahasiswa lainnya berhak maju ke Mawapres tingkat nasional pada bulan Juli mendatang. Agenda terdekatnya saat ini adalah mempersiapkan pertarungan berikutnya di Mawapres tingkat nasional. “Kalau tahun lalu hanya 15 mahasiswa yang diundang ke mawapres nasional. Saya harap saya adalah salah satunya,” ujarnya penuh optimis.
 
“Kami bangga akan mewakili Jawa Tengah untuk Mawapres tingkat nasional nanti. Kurniaji merupakan salah satu dari sekian banyak mahasiswa berprestasi lainnya,” ujar Dr. Kusni Ingsih, MM Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan. Udinus sangat mendukung mahasiswanya untuk berprestasi dengan memberikan beasiswa. Di kejuaraan tingkat internasional, Udinus memberikan beasiswa SPP hingga lulus. “Beasiswa ini eksklusif dikeluarkan oleh pihak kampus,” tambah Kusni. (*humas)
 
 
PIALA : Kurniaji (tengah) didampingi Wakil Rektor III (kanan) menyerahkan piala Juara 2 Mawapres tingkat Kopertis Wilayah VI pada Rektor Udinus (kiri) kemarin (18/4). Foto : Dok. BIMA Udinus.

Last Update : 14 Juni 2021