REKTOR UDINUS TULARKAN VIRUS KREATIVITAS


Memiliki 12 ribu lebih mahasiswa, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menjadi jujukan sekaligus rujukan pembelajaran manajemen kemimpinan se-Indonesia. Salah satunya, datang dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) yang ingin melihat dan mendengar secara langsung kisah sukses dari universitas yang berkembang semakin pesat ini.

Menjadi seorang pemimpin tentu harus mempunyai gaya kepemimpinan dan juga keahlian dalam memanajemen segalanya.

Mulai dari manajemen sumber daya (SDM), keuangan dan juga waktu. Hal inilah yang ingin dipelajari oleh peserta diklat kepemimpinan tingkat 4 angkatan 208 Kemenkeu, yang baru-baru ini menyambangi kampus Udinus. Mereka bertatap muka langsung dengan Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom dalam kegiatan “Benchmarking Best Practice.”

Kegiatan tersebut diikuti oleh 23 peserta dari berbagai lembaga dibawah naungan Kemenkeu. Peserta mendapatkan materi kisah sukses Udinus yang berangkat dari sebuah lembaga kursus computer hingga berkembang menjadi universitas berbasis teknologi informasi yang memiliki ribuan mahasiswa.

Edi Noersasongko menjelaskan, kunci suksesnya ada pada kreativitas. Sebab dengan kreatif semua hal yang semula susah atau menurut orang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

“Semakin kreatif, artinya juga akan semakin berinovasi sehingga Udinus selalu di depan dibandingkan dengan universitas lainnya,” ungkap Edi.

Setelah memaparkan kisah sukses Udinus, Rektor Udinus mengajak peserta berkeliling kampus Udinus. Salah satunya ke studio TVKU, dimana TVKU merupakan satu-satunya televisi komersil lokal yang dimiliki universitas.

Di studio TVKU, peserta diajak untuk melihat secara langsung proses siaran, mendapatkan kesempatan menimba ilmu dari tokoh sukses. Peserta berharap dapat mengaplikasikannya dalam lingkup kerja mereka. Seperti kata Yopiter Agung Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Tapak Tuan Aceh ini, “Kami ingin bisa mengaplikasikannya saat kembali ke daerah nanti, walaupun tidak bisa semuanya, setidaknya ada ilmu yang dapat kami serap agar perusahaan menjadi lebih maju dan tumbuh besar seperti Udinus ini.” (*humas)

REKTOR UDINUS TULARKAN VIRUS KREATIVITAS 

Last Update : 15 Juni 2021