BPKLN APRESIASI MAHASISWA BEASISWA UNGGULAN UDINUS


Menyiapkan generasi unggulan bangsa memang membutuhkan pembibitan sejak dini serta pengawalan dari berbagai pihak. Agar tidak hanya bibit unggul saja namun juga berprestasi.
 
Seperti yang dilakukan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam membina mahasiswa unggulannya. 
 
"Kami telah menjadi provider beasiswa unggulan sejak tahun 2007, dan Udinus telah mencetak sebanyak 531 mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan (BU) yang diberikan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia. Baik dari jenjang S1 maupun S2," papar Dr. Kusni Ingsih, MM selaku Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Udinus saat menerima kunjungan Pemantauan dan Evaluasi Program Beasiswa Unggulan di Aula Gedung E Lantai 3 Udinus, hari ini (24/3).
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M. Kom, par dosen, dan ratusan mahasiswa BU, ini, selain memamerkan karya-karya mahasiswa beasiswa unggulan juga untuk mendapatkan pengarahan dari Cyti Daniela Aruan, Koordinator Beasiswa Unggulan BPKLN Kemdikbud RI. "Perekrutan mahasiswa penerima BU ini tidak hanya melihat latar belakang sosial ekonominya saja, namun juga kita lihat dari unggul di bidang apa, dan di level apa. Baik lokal, nasional, maupun internasional. Hal tersebut sangat akan menentukan saat mereka akan melakukan studi lanjut ke jenjang berikutnya," ungkap Daniela.
 
 
Program studi di Udinus yang mendapatkan BU antara lain Teknik Informatika S1 dan S2, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, Sastra Inggris, Kesehatan Masyarakat, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Dari beberapa progdi tersebut, dihasilkan mahasiswa unggulan yang juga berprestasi dari berbagai kejuaraan, baik dari tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Diantaranya Juara Desain Batik tingkat nasional, juara Animasi tingkat nasional, juara Skill Competition tingkat ASEAN, hingga mereka yang lolos PIMNAS, dan masih banyak lagi. "Kami sangat mengapresiasi prestasi mahasiswa BU di Udinus. Kami berharap melalui beasiswa unggulan ini, anak-anak Indonesia dapat mengambil manfaat positif," tambahnya.
 
 
Di Udinus sendiri, para mahasiswa penerima beasiswa unggulan ini tidak hanya dipacu untuk unggul dibidang akademik saja, namun juga berprestasi sesuai bidang yang mereka tekuni. "Beasiswa Unggulan, bagi penerimanya, bisa mengenyam pendidikan dengan baik. Untuk Udinus, mahasiswa BU yang berprestasi di berbagai level kejuaraan, dapat mengharumkan almamater. Dan untuk masyarakat luas, dapat merasakan pengembangan kreativitas dan inovasi yang bermanfaat," tandas Edi Noersasongko. (*humas)
 
JELASKAN PRODUK : Seorang mahasiswa BU menjelaskan produk yang dibuatnya pada Cyti Daniela dari BPKLN Kemdikbud RI, dengan didampingi oleh Rektor dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus. Foto : Nining Sekar

Last Update : 17 September 2021