KEMERIAHAN CROSS CULTURAL PARTY UDINUS


Suasana budaya dari 4 negara sangat kentara di halaman gadung G lantai 1 kampus Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Sabtu (18/03) 2017 lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya Udinus sukses menggelar Cross Cultural Party dan berhasil menyedot ratusan pengunjung.

Cross Cultural Party merupakan pesta budaya yang memadukan unsur kebudayaan dari empat negara sekaligus yakni Indonesia, Jepang, Inggris dan Korea. Kemeriahan acara tersebut merupakan bentuk bukti Fakultas Ilmu Budaya Udinus mengapresiasi budaya dari beberapa negara, khususnya Indonesia. Pentas dan pertunjukan dari masing-masing negara yang ditampilkan diantaranya, musikalisasi puisi dalam bahasa inggris, Reog Ponorogo, Gamelan, tari Semarangan, tarian Yosakoi dan Taiko asal Jepang, serta K-Pop dance oleh WTF Bandung. “Mahasiswa asal Korea dan Vietnam yang sedang menempuh studi di Udinus juga turut mengisi acara tersebut” jelas Nooraida Mitra selaku Panitia Cross Culture Party. Puluhan stand kuliner unik khas negara tersebut juga ramai diserbu pengunjung yang notabene mahasiswa dan pelajar di kota Semarang.

Fakultas Ilmu Budaya Udinus memiliki dua program studi dengan kebudayaan yang heterogen, Jepang dan Inggris. Cross Cultural Party menunjukkan budaya tiap-tiap negara tidak sama. Meskipun begitu, mahasiswa dituntut tidak melupakan kebudayaan Indonesia yang merupakan tanah kelahiran.  

 

Selain pentas budaya, Cross Cultural Party juga menghadirkan berbagai macam lomba seperti lomba dance, lomba menyanyi, lomba group band dan lomba makan. Kemeriahan apresiasi budaya tersebut ditutup dengan penampilan Sereal grup band, bentukan Teater Kaplink Udinus. (*humas)

Last Update : 25 September 2021