ACC KE-3 SELESAI DIGELAR ALDAKAWANASETA UDINUS


Aldakawanaseta Climbing Competition (ACC) Ke-3 kembali digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Tidak hanya mencintai alam, UKM pecinta alam perlu menunjukkan eksistensinya dengan menorehkan prestasi di ajang bergengsi seperti ACC tingkat nasional ini.

Aldakawanaseta menggelar ACC Ke-3nya di area panjat dinding Udinus pada (3-6/3). Usai Technical Meeting Jum’at (03/03) lalu, 218 peserta ACC 2017 bersiap menunggu giliran memanjat dinding setinggi 17 meter milik Udinus. “Pendaftaran kami tutup karena sudah memenuhi jumlah peserta yang kami targetkan,” ujar Kholis Bahrudin Ketua Aldakawanaseta. Seperti tahun sebelumnya, ACC kali ini dibagi menjadi 6 kategori, yakni : pelajar putra, pelajar putri, mapala putra, mapala putri, umum putra dan umum putri. Ke-6 kategori tersebut memperebutkan total hadiah senilai 27 juta rupiah.

Dengan sepatu panjat dan Harness lengkap dengan Carabiner yang melekat di badan, satu per satu peserta menunjukkan kemampuannya menyelesaikan jalur panjat. Kecepatan dan ketinggian menjadi aspek penilaian juri yang didatangkan langsung dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jateng, Bimo prakoso. Dalam penjurian Bimo dibantu oleh panitia Aldakawanaseta.

Di kategori umum putra, Yohanes Angel Rossi Que (FPTI Kediri) berhasil menjadi juara I, disusul M. Ryan Alfiandi (LSC Surabaya) di posisi II, dan Alamsyah Cahya (RHC Makalu SMAN 12 Surabaya) menjadi juara III. Sedangkan di kategori umum putri juara I diraih oleh Dyah Puspitaningtyas (Climania Bantul), juara II diraih oleh Pradeeva Adelia (Penggiat Climbing Surabaya) dan juara III diraih oleh Ni Komang Ayu Suartini (Jembrana Climber Team Bali). Di kategori Mapala putra juara I diraih oleh Syah Rizal Haq (Jemapala Universitas Islam Lamongan), juara II diraih oleh Kasan Kiswoyo (Mawapala UIN Semarang) dan juara III diraih oleh Bunnaya Hatin Surahman (Mapala Mushroom UTY). Di kategori Mapala putri juara I diraih oleh tuan rumah Nova Amelia (Aldakawanaseta Udinus), juara II diraih oleh Faizzatur Rifana R. (Cartenz Universitas Nahdatul Ulama Jepara), dan juara III diraih oleh Rury Diwira R (Mapala Mitra Gahana UKSW Salatiga). Untuk kategori pelajar putra juara I diraih oleh M. Ryan Alfiandi yang merupakan juara II dikategori umum putra, juara II diraih oleh Alamsyah Cahya C. yang merupakan juara III di kategori umum putra, dan juara III diraih oleh M. Muamar Izadi (SMP 11 Semarang). Dan di kategori pelajar putri juara I diraih oleh Choirul Umi C. A. (RHC Gresik), juara II diraih oleh Pradeeva Adelia (Penggiat Climbing Surabaya) yang merupakan juara II di kategori umum putri, dan juara III diraih oleh Gracia Evania Laviola (SMK Teuku Umar Semarang). Para juara di kategori pelajar akan mendapatkan beasiswa keringanan SPI jika melanjutkan kuliah di Udinus.

 

Rektor Udinus Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko M.Kom yang turut hadir dalam penutupan ACC-3 memberikan selamat kepada seluruh juara Senin malam (06/03) lalu. “Kalian boleh naik gunung, boleh panjat tebing dan melakukan kegiatan pecinta alam lainnya, tapi jangan lupa dengan kewajiban belajar akademiknya,” ujar Edi menutup ACC ke-3. (*humas)

Last Update : 24 Juni 2021