DR.COM SUKSES DIGELAR OLEH HMTE UDINUS


Dinus Robotic Club dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) sukses menggelar Dinus Robotic Competition Dr.Com) Sabtu (18/02) lalu di Aula Gedung E lantai 3.

Dr.Com merupakan kompetisi yang mengandalkan kecepatan robot. Dr.Com tahun ini memiliki 3 kategori yakni Line Follower untuk pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat, Line Follower untuk mahasiswa dan Speed Building untuk pelajar SD. “Hari ini hanya ada dua kategori di Line Follower pelajar dan mahasiswa, sedangkan kategori Speed Building untuk pelajar SD rencananya diselenggarakan bulan depan,” jelas Satria Yodha Anandika selaku panitia Dr.Com. Peserta meletakkan robot yang sebelumnya sudah dirakit terlebih dahulu ke arena Line Follower, kemudian peserta menekan tombol start pada robot usai aba-aba. Penjurian dilakukan oleh panitia dengan memperhatikan point yang diperoleh masing-masing peserta. Selain waktu tempuh robot menyelesaikan lintasan, peserta akan memperoleh point tambahan jika robotnya menyelesaikan lintasan sampai finish. “Dr.Com Ini adalah tahun ketiga setelah dua tahun berturut-turut diselenggarakan. Sedangkan untuk kategori mahasiswa, tahun ini yang pertama kali,” tambah Satria.

Sari Ayu Wulandari S.T., M.Eng dosen Teknik Elektro Udinus mengatakan tahun ini peserta Dr.Com meningkat cukup banyak. Tercatat sebanyak 194 tim mendaftar kompetisi Line Follower, 18 tim kategori Line Follower mahasiswa dan 176 tim kategori Line Follower pelajar. “Sebelum masuk ke babak final, peserta Line Follower diseleksi terlebih dahulu di 4 regional yakni Semarang, Kudus, Pati dan Jogja sehingga menyisakan 73 tim yang diundang ke Udinus,” tutur Sari Ayu.

Di kategori mahasiswa juara 1 diraih oleh Edwin Aditya (UGM) disusul Bagas Suryo (UNY) dan Juara 3 Dio Tegar Rais (UIN BANDUNG). DI kategori pelajar mandiri juara 1 diraih oleh Ayunda (SMK Kesehatan Bantul) , disusul juara 2 Rahimal Ula (MAN Demak) dan juara 3 Grae Raka (SMPN 1 Semarang). Sedangkan kategori pelajar dengan robot Udinus juara 1 diraih oleh Ari Yudha (SMK N 7 Semarang), juara 2 Gilang Ramadhan (SMK Wisuda Karya Kudus) dan juara 3 Agus Sucipto (SMK Tunas Harapan Pati). (*humas)

ANGKAT PIALA : Para pemenang mengekspresikan kegembiraannya dengan mengangkat piala dalam kompetisi Dr.com yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Udinus. Foto : Meyta Adelianah.

Last Update : 25 September 2021