TEATER KAPLINK UDINUS KISAHKAN KEHIDUPAN MAHASISWA BARU


Setiap tahun, penerimaan mahasiswa baru memang mampun menyedot perhatian banyak pihak. Tak terkecuali untuk dunia teater, datangnya mahasiswa baru ternyata dapat dijadikan suatu pemicu mereka untuk berkarya.

Seperti yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) teater Kaplink Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) belum lama ini. Mereka mempersembahkan pementasan teater yang mengambil tema euphoria mahasiswa baru. Digelar di Aula Gedung E Lantai 3 Udinus, pementasan teater yang memasang HTM Rp 10.000 ini dipenuhi puluhan penikmat teater, baik dari kampus Udinus maupun sekitarnya.

 

Diberi judul “Sugeng #melodimahasiswa”, Teater Kaplink mencoba menggambarkan kehidupan kampus dan seluk beluknya. Adegan dibuka oleh orang tua dari Sugeng, sang mahasiswa baru sebuah universitas ternama di sekitar Tugu Muda, yang begitu berat melepaskan kepergian anak mereka untuk menuntut ilmu.

Sesampainya di kampus yang baru, Sugeng dihadapkan pada masa orientasi dimana dia bertemu dengan kakak-kakak tingkatnya. Saat perkuliahan telah berjalan, Sugeng dihadapkan pada realita kehidupan kampus yang beraneka ragam. Mulai penyesuaian masa kuliah, hingga pergaulan yang membutuhkan filter iman yang cukup kuat.

Sugeng sendiri diperankan oleh Muhammad Lutfi, salah satu anggota senior teater Kaplink, yang berkolaborasi dengan mahasiswa baru yang baru saja bergabung di UKM tersebut.

 

Benz, sang sutradara dari pementasan, ingin menyampaikan pesan, bahwa cerita tentang mahasiswa baru ini tidak ubahnya seperti memasuki fase awal sebuah kehidupan. “Kami buat setting cerita mirip dengan aslinya, agar penikmat teater ini ikut larut dengan cerita,” tutur Benz. Dipentaskan selama kurang lebih 2 jam, seluruh pemain dan kru mendapat tepuk tangan meriah dari penonton yang setia hingga akhir pentas. (*humas)

 

 

PEMENTASAN : Salah satu adegan dalam pementasan Teater Kaplink “Sugeng #melodimahasiswa” yang mengangkat cerita kehidupan mahasiswa baru di Aula Gedung E Udinus belum lama ini. Foto : Nining Sekar

Last Update : 16 Juni 2021