UDINUS TERAPKAN TRIPLE HELIX CONCEPT DI HADAPAN PARA GUBERNUR


Rektor Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Edi Noersasongko menjadi pemateri di acara Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD MPU) ke XVI Tahun 2016 di Hotel Gumaya Semarang pada Kamis (29/9) 2016. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) ini dihadiri oleh ratusan tamu undangan dan 10 Gubernur dari Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Lampung.

Udinus dipilih karena merupakan salah satu kampus yang bisa memanfaatkan potensi mahasiswanya. Rencananya Udinus  menjadi pihak akademik dalam MPU yang menerapkan Triple Helix  Concept, yakni sinergi yang terdiri dari kalangan akademik, bisnis atau pengusaha dan pemerintah. “Jika nanti Udinus mempunyai temuan baru, MPU bisa menggunakannya,” gagas Edi.

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah mengusulkan supaya forum yang diikuti 10 gubernur dari 10 provinsi tersebut menjadi komunitas yang kuat dalam mengikapi kebijakan pemerintah pusat. Ganjar menegaskan, “Potensi luar biasa ini bisa diarahkan untuk mendukung program-program pemerintah pusat. Sehingga apabila ada masalah di pusat bisa kita selesaikan bersama.”

Sejauh ini, arah pembahasan forum Mitra Praja Utama (MPU) ini adalah seputar upaya membentuk konektivitas antar provinsi dalam pengendalian ekonomi dan inflasi, optimalisasi UMKM, dan pariwisata. Acara tersebut digelar selama tiga hari mulai Rabu s/d Jumat (28-30/9) 2016 dan ditutup dengan City Tour ke sejumlah objek wisata di Jateng khususnya Semarang. (*humas)

 

 

 

 

PAPARAN : Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko, MKom memberikan paparan di depan 10 Gubernur dari 10 Provinsi dari Indonesia di Gumaya Tower Hotel dalam rangka Rapat kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama. Foto : Dok Humas

 

Last Update : 13 Juni 2021