TIGA WIRAUSAHAWAN SEJATI ADU STRATEGI


Tiga orang pengusaha nasional yang sudah familiar di penjuru tanah air ini unjuk kebolehan dan memberikan trik menjadi pengusaha sukses. Mereka adalah mas Mono pemilik usaha ayam bakar, Jodi pemilik Warung Steak, dan Yusuf Mansur pemilik usaha Wisata Hati. Ketiganya beradu strategi di depan 3300 mahasiswa baru UDINUS di halaman parkir ged G kampus Imam Bonjol 207. Mereka “Diadu” untuk menunjukkan strateginya dan rahasia suksesnya hingga menjadi seorang wirausaha yang sukses.  Mas Mono misalnya mengaku menjadi seorang pengusaha membutuhkan proses yang sangat panjang dan jalan yang penuh liku.  Ia menjelaskan bahwa kesuksesan yang diraihnya sekarang tidak diperolehnya dengan instan, tetapi dengan perjuangan dan kerja keras. Butuh hampir 10 tahun untuk membesarkan Ayam Bakar Mas Mono, dari pertama dia membukanya tahun 2001. Dihadapan mahasiswa baru itulah ia membuka strategi perjalanan karir seorang wirausaha dibidang ayam bakar. Pemilik usaha ayam bakar Agus Pramono tersebut lebih dikenal dengan Mas Mono. Meski hanya menamatkan pendidikannya sampai SMA, ia berharap kepada mahasiswa baru untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan bisa menciptakan peluang kerja seperti dirinya.“Anda sangat beruntung bisa mengencam pendidikan tinggi yang banyak ilmunya tidak seperti saya dulu. Oleh karenanya harus bisa melebihi saya ,” ujar Mono yang disambut tepuk tangan mahasiswa. Ia mengaku di masa sulitnya ia adalah seorang office boy, dan berjualan gorengan keliling. Dari pengalaman itulah kemudian ia memiliki ide untuk jualan ayam bakar di kawasan  Pancoran. “ Saat itu saya punya modal 500 ribu untuk membeli gerobak, dan lima ekor ayam untuk memulai usaha warungan,” tambahnya.

Sementara, Jody Brotosuseno, pemilik Waroeng Steak and Shake yang kini telah memiliki lebih dari 50 gerai Waroeng Steak and Shake di berbagai kota ini memberikan strategi yang berbeda. Konsep yang dibangunnya adalah fokus dan mengerti kebutuhan pelanggan.

“Membangun bisnis pasti butuh waktu dan jatuh bangun yang luar biasa. Yang pasti harus fokus. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memahami apa yang diinginkan pembeli. Segmen yang dibidik siapa harus jelas,” ungkap Jodi.

Beda lagi strategi yang berikan wirausahawan sekaligus ustad Yusuf Mansur. Ia menilai Allah SWT sudah menyediakan banyak peluang bisnis yang beraneka ragam yang mendatangkan rezeki. Manusia hanya tinggal berusaha dan minta pada sang pencipta.

“Allah sudah membuka diri untuk dimintai rezekinya, semuanya tinggal minta. Begitu mudah bukan?,” ungkap Yusuf Mansur.

Ia memberikan strategi semakin dekat dengan Allah SWT semakin dekat rezeki dari usaha apasaja yang kita bangun.

“Minta saja sama Allah pasti dikasih,” ungkapnya.(*) 

Last Update : 22 Juni 2021