UDINUS CARE CONSERVATION SAMBUT MABA DENGAN TANAM MANGROVE


Pada hari kedua Dinus Inside 2016, mahasiswa baru diharuskan membawa bibit tanaman mangrove dalam rangka Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Care Conservation. Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Mangkang Timur Kecamatan Tugu ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Udinus terhadap ligkungan yang sering terkena rob agar tingkat kesehatan masyarakat meningkat, dengan upaya di kuranginya dampak rob itu sendiri.

 

Sebelum melakukan penanaman mangrove mahasiswa mendapat pengarahan dari Wakil Rektor  III Bidang Kemahasiswaan Dr. Kusni Ingsih, “Kegiatan ini untuk terus memupuk kepedulian sosial Udinus pada lingkungan sekitar. Aksi kita hari ini akan menentukan masa depan anak cucu kita puluhan tahun kedepan.”

Di lokasi penanaman, sekitar 70 perwakilan mahasiswa dari mahasiswa baru (maba), UKM, BEM, mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan dan Bidikmisi, mahasiswa asing dari Malaysia, Jepang, Tahiland, serta Korea. Didampingi Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto, M.T, mahasiswa ini diberikan pengarahan oleh Sururi, pengelola hutan Mangrove, tentang bagaimana cara menanam mangrove.

 

Pak Sururi menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat membantu warga Kecamatan Tugu, karena sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai nelayan tambak. Karena rob banyak tambak warga yang rusak, akibatnya banyak warga menjadi pengangguran. “Bantuan dari pemerintah untuk menanggulangi masalah rob ini masih sedikit, dibandingkan oleh bantuan dari swasta. Untuk itu kiprah Udinus Care Conservation ini mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat Tugu,” ucap pak Sururi

 

3000 bibit mangrove ditanam di kawasan yang rawan rob dekat bibir pantai, agar nantinya beberapa tahun lagi dapat mencegah makin tingginya rob di wilayah tersebut. Pak Yanuarso selaku Camat Tugu juga menyampaikan harapannya pada Udinus,  “Semoga bantuan dari Udinus ini membantu mengurangi kerusakan akibat abrasi yang terjadi di wilayah ini , yang telah merusak 90%  bagian bibir pantai.”

Dengan adanya kegiatan ini, rob di Kota Semarang terutama Kecamatan Tugu dapat diminimalisir, warga pesisir pantai khususnya para nelayan tambak tidak khawatir akan kehilangan pekerjaannya, sehingga dapat memajukan perekonomian warga sekitar. (*humas)

 

TANAM MANGROVE : Perwakilan mahasiswa baru Udinus menanam mangrove Kelurahan Mangkang Timur Kecamatan Tugu pada Selasa (6/9). Foto : Nining Sekar. 

Last Update : 15 Juni 2021