UDINUS, SATU-SATUNYA PTS DI JATENG YANG JUARA DI PIMNAS


Di tahun 2016 ini, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengirimkan 3 tim ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-29 yang di selenggarakan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Ke 3 tim tersebut menggagas ide pembuatan Doraemon Asap, Pumping Bra, dan Parking gate modular.

Selasa (16/8) kemarin, tim pemenang Pimnas Udinus secara simbolis melakukan penyerahan medali perak di ruang rapat rektorat gedung G Udinus. Pumping bra dinobatkan menjadi juara 2 di kategori Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta (PKM- KC) teknologi dan rekayasa. Pumping bra adalah alat pemerah asi yang sekaligus menjadi satu dengan bra. Sedangkan Doraemon Asap yang menyabet juara favorit, yang merupakan alat pengubah polusi udara atau asap menjadi ion positif.

 

Filmada Ocky Saputra mahasiswa Fakultas Teknik Udinus yang 3 kali berturut-turut lolos ke Pimnas, menceritakan pengalamannya dan memberikan banyak tips yang bisa menjadi koreksi untuk mengikuti Pimnas tahun berikutnya. “Dukungan dari kampus sangat diperlukan untuk bisa lolos ke Pimnas dan membawa pulang kejuaraan. Dan Udinus telah memberikan support yang besar sekali,” tambah Ocky.

Udinus sendiri mengirimkan beberapa tim ke Pimnas 2016 kali ini, diantaranya adalah beberapa mahasiswa Beasiswa Unggulan (BU) yang mendapat support dari Biro  Perencanaan  Kerjasama Luar Negerri (BPKLN) dan juga mahasiswa beasiswa Bidikmisi.

 

Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko M.Kom  sangat mengapresiasi perolehan prestasi mahasiswa Udinus di Pimnas tahun ini. Bahkan udinus menyiapkan tim khusus untuk masalah pengajuan hak paten produk-produk mahasiswa yang layak. “Udinus ingin mematenkan produk-produk kompeten yang diciptakan oleh mahasiswa, jika suatu saat nanti muncul efek ekonomi dari produk yang diciptakan, 100% itu untuk mahasiswa,” ujar Edi.  Merupakan suatu kebanggaan karena Udinus adalah satu-satunya Perguruan Tingi swasta di Jawa Tengah yang memperoleh kejuaraan di Pimnas. (*humas)

 

 

SERAHKAN MEDALI : Pemenang Juara 2 untuk kategori PKM-KC di Pimnas ke-29 dari Udinus menyerahkan medali pada Rektor, Selasa (16/8). Foto : Meyta Adeliana. 

Last Update : 22 Juni 2021